LIPI Kembali Akan Adakan Ekspedisi Ke Pulau Terdepan

LIPI Kembali Akan Adakan Ekspedisi Ke Pulau Terdepan

Ujung Timur Laut Indonesia, Pulau Weh © Agung Rajasa / ANTARA Foto

Beberapa tahun terakhir Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dengan menggandeng beberapa instansi pemerintahan lainnya telah menyelenggarakan ekspedisi-ekspedisi ke beberapa wilayah di Indonesia. Dan program tersebut berhasil menarik perhatian banyak sekali peminat yang pada umumnya adalah pemuda-pemudi. Berdasarkan pengalaman tersebut, kali ini Pusat Penelitian Oseanografi LIPI mulai mempersiapkan ekspedisi di pulau-pulau terdepan Papua, Papua Barat dan Maluku Utara.

Seperti diberitakan ANTARA (23/11) Kepala Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, Dirhamsyah menjelaskan bahwa ekspedisi ini akan memiliki misi untuk mendokumentasikan kekayaan wilayah timur Indonesia. "Setidaknya 60 hari ekspedisi akan berjalan dan kita akan potret semua, tidak cuma aspek oseanografinya saja, tapi juga terestrial dan sosial budaya," ujarnya.

Misi ini dianggap perlu karena selama ini belum ada informasi yang lengkap terkait potensi hingga masalah yang ditemui di pulau-pulau terdepan. Hasil ekspedisi ini nantinya akan dibukukan dan akan diberikan kepada Presiden RI, Joko Widodo.

"Selama ini kan memang belum ada informasi tersaji secara lengkap terkait potensi hingga masalah yang ditemui di pulau-pulau terdepan untuk kita gunakan sebagai dasar keputusan pengelolaannya," katanya.

Masalah seperti akses energi, air bersih, pangan dan pengelolaan secara keseluruhan akan menjadi perhatian dalam ekspedisi ini. Sehingga perlu adanya keterlibatan berbagai bidang ilmu untuk menginventarisasi data dan informasi. Pemetaan tersebut nantinya akan dilakukan oleh para peneliti dari beberapa kedeputian LIPI dan Kedeputian Ilmu Pengetahuan Hayati dan juga Kedeputian Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kebudayaan.

Tidak hanya dari LIPI, Dirhamsyah juga berharap peneliti dari instansi lain, perguruan tinggi di daerah hingga media massa bisa bergabung dalam ekspedisi ini. Sehingga akan mampu memberikan catatan yang lengkap tentang pulau-pulau terdepan.

Sampai saat ini menurut data LIPI, di Indonesia terdapat 18.110 pulau di Indonesia. Belum seluruhnya diketahui dan baru 17.503 pulau yang diakui secara internasional sejak Agustus lalu. Artinya masih terdapat beberapa ratus pulau lagi yang belum dinamai, didaftarkan dan didata untuk dicatatkan di Perseriakan Bangsa-Bangsa agar diakui sebagai milik Indonesia.

Pilih BanggaBangga17%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang17%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi67%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Belajar dari Konglomerat Inggris, Ratusan Mahasiswa Hadiri Malam Karir Indonesia di London Sebelummnya

Belajar dari Konglomerat Inggris, Ratusan Mahasiswa Hadiri Malam Karir Indonesia di London

Akankah Indonesia Mendaratkan Astronot ke Bulan? Selanjutnya

Akankah Indonesia Mendaratkan Astronot ke Bulan?

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.