Green Car, Kendaraan Roda Tiga Ramah Lingkungan Karya IPB

Green Car, Kendaraan Roda Tiga Ramah Lingkungan Karya IPB
info gambar utama

Dalam rangka mewujudkan IPB Green Transportation (GT) 2020, Institut Pertanian Bogor (IPB) resmi meluncurkan lima kendaraan roda tiga ramah lingkungan yang diberi nama Green Car. Dilansir dari ristekdikti.go.id (09/12/17). Kendaraan rancangan Dr. Desrial dan tim dari Departemen Teknik Mesin dan Biossistem, Fakultas Teknologi Pertanian, IPB ini berbentuk motor listrik 100 cc dan memiliki kecepatan 30 kilometer per jam. Dr. Desrial mengatakan bahwa kendaraan tersebut lebih rendah emisi dan ramah lingkungan. Hal tersebut tidak terlepas dari bahan bakar yang digunakan, yaitu listrik dan gas. Satu kendaraan menggunakan listrik dan empat lainnya menggunakan bahan bakar gas.

Green Car mampu menempuh jarak 50 kilometer untuk satu liter gas yang digunakan. Spesifikasi beban motor maksimal 150 kilogram dengan berat motor sekitar 300 kilogram. Launching resmi dari Green Car telah dilaksanakan di halaman gedung Andi Hakim Nasution, Kampus IPB, Dramaga, Bogor (08/12/17). Rektor IPB , Prof. Dr. Herry Suhardiyanto sangat bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah mengupayakan untuk mewujudkan Green Campus lewat Green Car tersebut. Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa pembuatan Green Car telah melalui proses cukup panjang, mulai dari gagasan, buat pilihan, relevansi dari penumpang, hingga penyesuaian sasis untuk kendaraan penumpang. Ini semua untuk mewujudkan kampus yang nyaman. Ini merupakan wujud dari warga IPB sangat menyayangi kampusnya, agar bisa merasakan suasana kampus ramah lingkungan.

Dr. Agus Oman Sudrajat yang merupakan ketua tim Green Car juga menyampaikan bahwa Green Car ini merupakan upaya untuk mengurangi kendaraan dalam kampus. Ini merupakan bukti komitmen IPB lingkungan. “Dengan menambah fasilitas, mengembangkan kendaraan kecil dan cepat, sehingga dosen, mahasiswa, pegawai bisa mengakses kendaraan ramah lingkungan” tambahnya.

Kendaraan sejenis Green Car direncanakan akan dibuat sebanyak 30 jenis bekerja sama dengan Motor Viar Indonesia.


Sumber: ristekdikti.go.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini