Peluang Digitalisasi Terbuka Lebar Untuk Manajemen Sumber Daya Manusia di Indonesia

Peluang Digitalisasi Terbuka Lebar Untuk Manajemen Sumber Daya Manusia di Indonesia

© pens.ac.id

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Digitalitasi berbagai aspek kehidupan di Indonesia kini terus terjadi. Namun sebagai revolusi terbaru yang sedang terjadi, masih banyak masyarakat maupun pelaku perekonomian yang memahami bagaimana potensi digital pada kehidupannya. Hal ini terbukti dengan hasil riset yang dilakukan oleh startup bernama Gadjian yang mengungkap bahwa kebanyakan perusahaan di Indonesia masih menggunakan metode lama untuk mengatur sumber daya manusianya.

Sebagaimana diberitakan TechInAsia Indonesia (11/12) startup penyedia layanan pengelolaan sumber daya manusia (SDM) berbasis komputasi awan, Gadjian mengungkapkan 65 persen dari 161 perusahaan yang telah berdiri lebih dari lima tahun belum beralih menggunakan aplikasi pengelolaan SDM atau Human Resource Management System. Padahal rata-rata karyawan dari ratusan perusahaan tersebut telah lebih dari dua ratus perusahaan.

Hal ini tentu saja menggambarkan bagaimana digitalisasi dalam manajemen SDM belum banyak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia. Padahal dalam riset tersebut terungkap bahwa rata-rata perusahaan lokal membutuhkan minimal empat laporan antara lain laporan absen, gaji, cuti, dan laporan izin sakit dari kantor sebagai beberap bentuk manajemen SDM. Bayangkan saja bila seluruh laporan tersebut dilakukan secara manual, tentu akan banyak sekali waktu yang dibutuhkan.

Fakta ini bisa jadi merupakan hal yang tidak baik, namun juga bisa menjadi peluang bagi para penyedia software as a service (SaaS) khususnya dalam bidang manajemen SDM di Indonesia. Sebab peluang pasar masih cukup terbuka lebar untuk melakukan penetrasi produk baru meski harus melakukan edukasi pasar.

Gadjian sendiri pun mengetahui potensi ini dan melakukan upaya edukasi melalui pelatihan dalam bentuk Gadjian Academy yang diluncurkan sejak Oktober 2017 yang lalu. Program ini dinilai akan memberikan pelatihan manajemen SDM yang berkualitas dengan wawasan digital.

Namun Gadjian tentu saja bukanlah pemain tunggal dalam sektor manajemen SDM digital ini. Sampai saat ini telah terdapat startup lain yang juga memasuki ceruk pasar digitalisasi manajemen SDM. Diantara seperti Talenta dan Sleekr yang juga merupakan perusahaan SaaS yang memberikan solusi bagi manajemen SDM di Indonesia.

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang20%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi80%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
United Tractors Inspiring Youth Memulai Langkah Mencetak Grandmaster Sebelummnya

United Tractors Inspiring Youth Memulai Langkah Mencetak Grandmaster

Buku Pintar, "Wikipedia-nya" Orang Indonesia Sebelum Era Internet Selanjutnya

Buku Pintar, "Wikipedia-nya" Orang Indonesia Sebelum Era Internet

Bagus Ramadhan
@bagusdr

Bagus Ramadhan

http://kulawarga.id

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.