Wow Inilah Klub Sepak Bola Kelas Dunia yang Menggunakan Produk Asli Indonesia!

Wow Inilah Klub Sepak Bola Kelas Dunia yang Menggunakan Produk Asli Indonesia!
info gambar utama

Selama ini, menjadi sebuah kebanggan bagi masyarakat Indonesia, untuk membeli atau menggunakan produk luar negeri. Dari hal paling umum seperti baju, tas, jam tangan, hingga jersey sepak bola. Produk dalam negeri pun dipandang sebelah mata, karena ada pemahaman bahwa produk dalam negeri tidak keren dan terkesan murah. Tapi apakah pembaca tahu, bahwa kini terdapat berbagai klub sepak bola yang menggunakan jersey buatan Indonesia untuk bertanding. Tidak hanya klub-klub biasa, bahkan beberapa klub papan atas dan klub tim nasional berbagai negara memilih untuk menggunakan produk Indonesia dengan alasan kualitas produk yang tinggi. Berikut daftar klub sepak bola yang menggunakan jersey asli Indonesia.

Tim Nasional Inggris

Jersey Timnas Inggris | Sumber: tribunnews.com
info gambar

Tidak disangka-sangka Timnas Inggris baru saja merilis jersey barunya, yang ternyata buatan Indonesia. Disponsori oleh Nike, jersey Inggris kini menggunakan warna dominan biru tua dengan aksen khas dari apparel olahraga tersebut. Dengan dipilihnya produk buatan Indonesia sebagai jersey Timnas Inggris yang notabene negara papan atas dalam Piala Dunia, membuktikan pada dunia akan kualitas yang dimilikinya.

Manchester United

Tulisan
Tulisan "Made in Indonesia" pada Jersey Manchester United | Sumber: tangerangnews.com

Klub Sepak Bola kelas dunia ini ternyata menjual jersey Manchester United di Megastore MU, Old Trafford. Menggunakan brand besar Nike, kostum buatan PT Tuntex Garment Indonesia ini dipercaya oleh Manchester United untuk menjadi produsen merchandise­-nya. Pembuatan jersey tersebut dilakukan di Cikupa, Tangeran, Banten. "Dulu orang tahu ya hanya NIKE, padahal yang bikin PT Tuntex Garment Indonesia. Pabriknya di Tangerang," ujar Ari Haryanto, Brand Manager The Official Store Manchester United Indonesia.

Timnas Puerto Rico

Jersey yang digunakan dadakan oleh Timnas Puerto Rico, saat bertandang ke Indonesia | Sumber: okezone.id
info gambar

Tidak hanya Liberia, SPECS juga menyediakan jersey untuk Tim Nasional Puerto Rico. Namun ada cerita unik dibalik itu. Ketika Timnas Puerto Rico akan bertanding dengan Timnas Indonesia pada Juni 2017 lalu, jersey yang dibawa hanyalah satu pasang. Tidak disangka, warna jersey yang dibawa oleh Puerto Rico berwarna mirip dengan Timnas Indonesia, sehingga mau tidak mau PSSI berusaha menyiapkan jersey untuk Timnas Puerto Rico. Dalam waktu dua hari, SPECS dipilih untuk membuat jersey Puerto Rico sesuai dengan kostum tandangnya.

Tim Nasional Liberia

Jersey Timnas Liberia | Sumber: indosport.com
info gambar

Tim Nasional negara yang berada di Afrika Barat ini memilih untuk menggunakan jersey produksi Jakarta yaitu SPECS. Fakta tersebut cukup mengagetkan, melihat jarak Liberia dan Indonesia begitu jauh. SPECS kemudian terdorong untuk melontarkan sindiran kepada masyarakat Indonesia, yang disampaikan melalui official twitter. “Produk Indonesia malah jadi apparel Timnas Liberia. Gimana Timnas Indonesia, Anda mau menggunakan produk lokal (?)," cuitnya. Sindiran tersebut sangat lumrah, mengingat timnas Indonesia tidak menggunakan produk dalam negeri, justru mencari produk-produk luar negeri.

Terengganu FA

Jersey Klub Malaysia, Trengganu FA | Sumber: indosport.com
info gambar

Tampaknya kualitas jersey buatan Indonesia juga dilirik oleh negeri tetangga, Malaysia. Trengganu FA yang merupakan Klub Bola asal Trengganu menggunakan jersey buatas Indonesia, yaitu SPECS. Jersey tersebut dikenakan pada Liga Super Malaysia selama tiga tahun berturut.

Al Jazeera Klub

Jersey buatan MBB, digunakan oleh Al Jazeera Klub | Sumber: indosport.com
info gambar

Klub sepak bola yang bermain di kompetisi papan atas Yordania ini memilih untuk menggunakan jersey asal Bogor, MBB. Produsen tersebut memang dikenal dengan kualitasnya oleh klub-klub papan atas. Walaupun kostum tersebut hanya digunakan pada satu musim – 2016/2017 – namun hal ini tetap membuktikan bahwa jersey buatan Indonesia patut diacungi jempol.

Al Ittihad Aleppo

Jersey Al Ittihad of Aleppo | Sumber: pojoksatu.id
info gambar

Produsen asal Bogor, MBB, Juga dipercaya untuk menangani pembuatan jersey Al Ittihad of Aleppo yang merupakan klub papan atas Suriah. Jersey tersebut digunakan selama satu musim pada 2017, yang kemudian juga diikuti oleh kontrak kerjasama MBB kepada Jableh, Tishreen, Al Karamah, dan Hutteen. Tampaknya jersey buatan Indonesia begitu prestisius ya disana!

Berbagai Klub Sepak Bola yang menggunakan produk asli Indonesia dapat dijadikan cerminan bahwa kualitas yang dimiliki oleh produsen dalam negeri sudah terjamin. Sehingga sudah seharusnya masyarakat Indonesia mengambil fakta-fakta ini sebagai dorongan untuk lebih mencintai produk-produk asli Indonesia. Yuk gunakan produk dalam negeri!


Sumber: indosport.com | tribunnews.com | tangerangnews.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini