Bunga Ini Mekar di Bengkulu

Bunga Ini Mekar di Bengkulu
info gambar utama

Saat ini di Provinsi Bengkulu sedang mekar 2 bunga Rafflesia dengan jenis Rafflesia bengkuluensis dan Rafflesia gadutensis.

"Kami menemukan sebuah Rafflesia bengkuluensis sedang mekar di habitatnya di cekungan sungai Penangkulan," ucap Andi Yan, anggota dari Padang Guci Youths' Rare Flower Community.

Rafflesia bengkuluensis | Nopri Anto
info gambar

Rafflesia bengkuluensis ditemukan di desa Manau IX, Kabupaten Kaur, mengalami mekar secara sempurna pada selasa 13 Februari lalu.

Dan Rafflesia gadutensis mekar di Boven Lais, hutan dilindungi di daerah Bengkulu Utara.

Rafflesia gadutensis | Dani Umbara
info gambar

"Pada saat ini, kelopak bunga telah membuka secara sempurna," disebutkan oleh Riki Septian, seorang anggota dari komunitas bunga langka yang ada di Bengkulu Utara.

Banyak pengunjung lokal dan mancangara mengunjungi Boven lais dan Bukit Daun, wilayah hutan dilindungi yang terletak di Bengkulu Utara dan Tengah, untuk dapat melihat bunga raksasa ini di habitat asalnya.

"Kami telah membuat jalan setapak dan menyediakan akomodasi tempat tinggal untuk para pengunjung," tambahnya.

Provinsi Bengkulu telah mengidentifikasi setidaknya lima spesies bunga Rafflesia, yang terkenal seperti Rafflesia arnoldii, Rafflesia bengkuluensis, Rafflesia gadutensis, Rafflesia hasselti, dan Rafflesia kemumu.

Kabupaten Kaur merupakan tempat tinggal alami dari Rafflesia bengkuluensis yg diidentifikasi oleh ahli Rafflesia dari Universitas Bengkulu dan Universiti Kebangsaan Malaysia pada 2005.

Selain Rafflesia bengkuluensis, Rafflesia arnoldii juga tumbuh di hutan Kaur.


Sumber: Diterjemahkan dari seasia.co

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini