FIM Sumut adalah sebuah organisasi yang terdiri dari kumpulan alumni pelatihan Forum Indonesia Muda yang berdomisili di Sumatera Utara dan terbuka kepada alumni  FIM yang kembali ke Sumatera Utara dari tanah perantauan. Sedangkan Generasi cakrawala FIM Sumut adalah pemuda sukarelawan yang bergabung menjadi bagian FIM Sumut melalui berbagai tahapan seleksi oleh FIM Sumut.

FIM Sumut dan Generasi Cakrawala FIM Sumut (24/02) berangkat menuju desa Perbaji dari kota Medan untuk menunaikan pelaksanaan project yang telah direncanakan sebelum – sebelumnya. Namun ternyata sebelum tanggal tersebut terjadi kembali erupsi gunung Sinabung, dimana desa Perbaji adalah desa yang termasuk dalam zona merah, dan merupakan daerah yang dialiri oleh lahar dingin. Berada di kisaran 4,5 km dari gunung Sinabung. Inilah desa yang menjadi tujuan FIM Sumut dan Generasi Cakrawala FIM Sumut dan di desa inilah rumah belajar cakrawala berdiri dan melakukan segala aktivitasnya.

Semua  itu tidak menyurutkan semangat FIM Sumut dan Generasi Cakrawala FIM Sumut, bahkan menambah semangat dan persiapan yang harus  dilakukan sebelum terjun ke desa Perbaji.

Kegiatan yang mengangkat tema satu warna untuk anak cakrawala ini  dilaksanakan selama dua hari satu malam dan  tidak hanya serta merta untuk merenovasi rumah belajar cakrawala saja. Melainkan dikemas dalam berbagai acara seperti bagaimana hidup sehat sejak dini melalui 7 langkah mencuci tangan dengan benar dan bersih, membuat tempat penyimpanan uang alias celengan dari kombinasi kain flannel dan botol bekas air mineral, menyediakan lapak baca sembari membersihkan, merapikan, dan mengecat rumah belajar.

Dengan harapan tema tersebut menjadikan masyarakat tetap solid dalam keadaan apapun termasuk saat erupsi bencana gunung Sinabung yang menghadang mereka.

Tidak hanya itu saja, pada malam hari juga tidak lepas dari kegiatan.  FIM Sumut dan Generasi Cakrawala FIM Sumut  menyediakan bioskop sederhana menggunakan kain putih sebagai layar dengan bantuan pantulan projector yang telah disediakan dan memutarkan film bernuansa Sumatera Utara, tentunya untuk tetap menjaga kecintaan terhadap daerah, dan kegiatan ini dilakukan di Jambur desa Perbaji yang terbuka untuk siapapapun.

Permaiman tradisional menjadi pilihan games yang dimainkan di halaman sekolah untuk hari kedua pelaksanaan kegiatan ini (25/02). Tujuannya mengenalkan kembali pada anak – anak zaman now yang sudah mulai menggeser permainan tradisional dengan gawai pintar yang semakin menjamur dan bisa menjelajah dunia dalam genggaman. Berupa lomba makan kerupuk, memasukkan paku ke dalam botol, dan lomba bawa kelereng yang memicu sikap keberanian anak – anak desa Perbaji untuk maju menjadi pelaku pada setiap permainan. Disela – sela kegiatan ini juga disisipkan ice breaking melalui nyanyian yang membuat anak – anak tidak menjadi bosan dan melupakan masalah yang dihadapi mereka.

Terlihat diraut wajah anak – anak desa Perbaji bahwa mereka sangat antusias dalam kegiatan ini, bahkan ada yang tertidur pulas di pangkuan para anggota FIM Sumut dan Generasi Cakrawala FIM Sumut. Menikmati setiap momen yang ada dan berharap kegiatan ini bukan sekedar 2 hari itu saja melainkan datang lagi membersamai mereka di rumah belajar cakrawala desa Perbaji. Hal inilah yang menambah keyakinan FIM sumut dan Generasi Cakrawala FIM Sumut untuk datang kembali, walaupun sebenarnya sudah direncanakan bahwa kegiatan akan berkelanjutan.

Di hari kedua setelah rumah baca dibersihkan dan dicat ulang memberikan nuansa baru yang sangat cantik yang menjadi daya tarik tersendiri bagi anak – anak desa perbaji yang ingin menggunakan rumah belajar ini menjadi tempat FIM Sumut dan Generasi Cakrawala mengakhiri kegiatan ini dan sekaligus opening kembali rumah belajar yang telah direnovasi. Saat itu juga dihadiri oleh beberapa relawan desa dan salah satu penggagas rumah belajar desa Perbaji yang merupakan masyarakat setempat juga. Dan mengenalkan kepada FIM Sumut dan Generasi Cakrawala tentang jargon yang dimiliki desa Perbaji.

Desa Perbaji? Perbaji Kuat, Perbaji Tangguh.

Photo Bersama
Photo Bersama di Rumah Belajar Cakrawala Desa Perbaji

Ditutup dengan photo bersama. Setelahnya, FIM Sumut dan  Generasi Cakrawala FIM Sumut bergegas meninggalkan desa Perbaji menuju kota Medan kembali.

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu