8 Fakta Menarik Komodo

8 Fakta Menarik Komodo
info gambar utama

Sebelum berkunjung ke pulau yang dinobatkan menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia di sisi timur Indonesia ini, anda harus mengenal lebih dulu penghuni Pulau yang dikenal dengan Pulau Komodo ini.

Tentu saja Pulau Komodo tidak dinamai Pulau Komodo tanpa sebab. Jelas sekali karena pulau ini merupakan habitat asli, dimana komodo berkembang biak dan hidup dengan baik disini.

Terdapat kurang lebih 1300 ekor komodo di Pulau Komodo, belum lagi di Pulau Rinca dan Gili Motang yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo jumlahnya keseluruhan mencapai 2500 ekor.

Berikut fakta-fakta yang perlu anda ketahui mengenai penghuni asli Pulau Komodo yang memiliki kulit bersisik tebal dan mematikan ini:

1. Berumur Panjang

Komodo dapat hidup selama 40 hingga 50 tahun. Titik kuning di sekitar mata komodo menandakan seberapa tua komodo tersebut. Semakin banyak titik kuning yang dimiliki, berarti semakin muda pulalah komodo tersebut.

2. Pelari cepat

Komodo dapat berlari hingga 18 hingga 20 km per jam, atau setara dengan kecepatan rata-rata lari manusia. Kelebihan inilah kunci kesuksesan mereka dalam berburu makanan.

Sumber: Pinterest
info gambar

3. Senang berjemur

Reptil berdarah dingin ini senang berjemur guna membantu mereka dalam mencerna makanan. Hal ini membuat pagi hari menjadi waktu paling tepat untuk melihat kawanan Komodo saat mereka berjemur di bawah paparan sinar matahari.

4. Perenang handal

Selain kecakapannya dalam berlari, Komodo juga terkenal dengan kemampuannya berenang hingga sejauh 300 m. Hal inilah yang menunjang kebutuhan mereka untuk berenang menyeberangi laut ke pulau tetangga.

Sumber: nikkokarki.com
info gambar

5. Menanti-nantikan musim kawin

Saat berumur enam hingga tujuh tahun, Komodo betina telah siap untuk berkembang biak. Di lain sisi, Komodo jantan baru akan siap untuk berkembang biak di umur sembilan hingga sepuluh tahun. Musim kawin biasanya terjadi di antara bulan Juni dan Juli setiap tahunnya. Jadi jika anda berkunjung di antara periode ini, mungkin anda akan menyaksikan Komodo jantan bertarung untuk memperebutkan Komodo betina.

During this time - which is the komodo dragon mating season – the large dominant males will fight each other intensely over females and territory | Komodo Travel and Transportation
info gambar

6. Hewan Ovovivipar

Saat seekor Komodo bertelur, ia akan menjaga telur-telur tersebut hingga dua bulan. Seekor Komodo dapat mengeluarkan 20 telur pada satu waktu.

7. Tinggal di pohon

Setelah proses penetasan, bayi Komodo akan tinggal di atas pohon untuk menghindari predator seperti babi hutan liar, monyet, dan Komodo lainnya. Saat berada di atas pohon, bayi Komodo mengkonsumsi kadal, burung, atau tikus.

8. Berbisa

Baru-baru ini anggapan bahwa Komodo memiliki bakteri mematikan di liurnya, yang membunuh mangsanya telah dipatahkan dengan penemuan penelitian yang menunjukkan bahwa Komodo membunuh mangsanya dengan bisa, dan justru liurnya hanya terdiri dari beberapa bakteri saja.


Sumber: Seasia.co

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini