21 Perusahaan Indonesia Dinobatkan Sebagai Tempat Bekerja Terbaik di Asia 2018

21 Perusahaan Indonesia Dinobatkan Sebagai Tempat Bekerja Terbaik di Asia 2018
info gambar utama

Perusahaan-perusahaan di dunia terus berlomba-lomba untuk mengembangkan diri menjadi tempat kerja terbaik dunia. Hal ini ditujukan untuk tetap menjadi perusahaan yang mampu menarik talenta-talenta terbaik agar tertarik untuk menjadi bagian dari perusahaan. Baru-baru ini terdapat 21 perusahaan yang dinobatkan sebagai tempat kerja terbaik di Asia untuk wilayah Indonesia.

Seperti dilansir oleh HR Asia, 21 perusahaaan tersebut merupakan perusahaan-perusahaan yang mampu memberikan lingkungan kerja yang baik untuk pegawainya. Dalam penghargaan ini, tiga faktor utama yang dinilai adalah heart atau perasaan bahagia karyawaan saat bekerja, mind atau motivasi karyawan dalam bekerja dan juga soul atau perasaan bangga bahwa pegawai mampu berkontribusi pada perusahaan.

Tiga hal tersebut menjadi hal utama dalam survei yang dilakukan HR Asia sejak akhir tahun 2017. Selain itu para perusahaan nominator juga melakukan presentasi dihadapan juri. Hasilnya adalah 21 perusahaan tempat bekerja terbaik (Best Companies to Work For) di Asia untuk wilayah Indonesia.

Perusahaan-perusahaan tersebut adalah: (diurutkan berdasarkan abdjad)

1. PT Angkasa Pura I

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Perusahaan yang dimiliki oleh negara atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia yang mengelola bisnis lalu lintas udara dan bisnis bandar udara. Perusahaan ini mengelola dan melayani masyarakat Indonesia bagian tengah dan Timur. Total ada sekitar 13 bandar udara di bawah pengelolaan Angkasa Pura I.

2. PT Anugerah Pharmindo Lestari

Perusahaan yang bergerak dalam bidang kesehatan sejak tahun 1985 dan telah menjangkau 104 kota di Indonesia. Beberapa layanannya diantaranya adalah distribusi produk farmasi, diagnosis medis, penelitian kesehatan dan lain-lain.

3. PT Astra Internasional Tbk.

Merupakan perusahaan multinasional asal Indonesia yang fokus pada industri otomotif. Berdiri sejak 1957 sebagai perusahaan dagang, Astra tumbuh menjadi konglomerat yang memiliki puluhan lini bisnis.

4. Asuransi Jiwa Manulife Indonesia

Perusahaan asuransi di Indonesia yang berdiri sejak 1985, bagian dari Manulife Financial Corporation asal Kanada.

5. PT Bank Maybank Indonesia Tbk.

Bank komersial Indonesia yang beroperasi sejak 1959 (melanjutkan akuisisi Bank Internasional Indonesia di tahun 2012). Bank ini merupakan bagian dari Maybank of Malaysia.

6. PT Berca Schindler Lifts

Perusahaan yang bergerak dibidang penyediaan elevator (lift) dan eskalator di Indonesia. Beroperasi sejak tahun 2000 di Indonesia dan merupakan bagian dari Schindler Group.

7. PT BFI Finance Indonesia Tbk.

Perusahaan keuangan bukan bank yang berdiri sejak 1982 di Indonesia dan telah menjangkau seluruh provinsi di Indonesia.

8. British American Tobacco Indonesia

Perusahaan Indonesia yang menjadi bagian dari perusahaan multinasional British American Tobacco. Perusahaan ini bergerak dalam bidang produksi produk-produk tembakau. Salah satu bagian dari perusahaan ini adalah Bentoel Group yang ada di Malang.

9. PT Cargill Indonesia

Perusahaan yang bergerak dalam bidang pangan di Indonesia dan beroperasi sejak 1974. Menjadi bagian dari Cargill Incorporated asal Amerika Serikat.

10. PT Eagle High Plantations Tbk.

Perusahaan perkebunan sawit dan manufaktur sawit yang beridiri sejak tahun 2000.

11. PT Federal Karyatama (MPM Lubricants)

Perusahaan manufaktur minyak pelumas Indonesia yang berdiri sejak tahun 1989.

12. PT IDS Medical System Indonesia

Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1998 (PT Fondaco Mitratama) di Indonesia dan merupakan perusahaan distributor alat kesehatan. Pada tahun 2013 bergabung dengan multinasional asal Hong Kong, Li & Fung Group.

13. Indonesia Stock Exchange (IDX)

Perusahaan yang bergerak dalam bidang transaksi jual beli saham di Indonesia. Dahulu dikelola oleh Badan Pengawas Pasar Modal dan menjadi swasta sejak 1992. IDX merupakan hasil merger antara Jakarta Stock Exchange dengan Surabaya Stock Exchange di tahun 2007.

14. PT Metropolitan Land Tbk.

Perusahaan properti perumahan yang berdiri sejak tahun 1994.

15. Mundipharma Indonesia

Perusahaan farmasi di Indonesia yang merupakan bagian dari perusahaan farmasi multinasional asal Swiss, Mundhipharma AG.

16. PT Olam Indonesia

Perusahaan pertanian dan perkebunan yang telah berdiri sejak tahun 1996. Perusahaan ini fokus pada produk kokoa, gula dan kopi serta bagian dari Olam Internasional asal Singapura.

17. PT Narotama JTB Tours Indonesia

Perusahaan perjalanan dan tur yang berdiri sejak tahun 1998. Perusahaan ini merupakan hasil sinergi antara Panorama Group dengan JTB Corporation yang merupakan perusahaan pariwisata global asal Jepang.

18. PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Perusahaan negara atau BUMN yang bergerak dalam bidang manufaktur bahan baku semen asal Gresik Jawa Timur. Perusahaan ini pernah tercatat sebagai salah satu produsen semen terbesar dunia sejak berdiri pada tahun 1957.

19. PT Sun Life Financial Indonesia

Perusahaan asuransi yang beroperasi di Indonesia sejak tahun 1995. Perusahaan ini bagian dari perusahaan finansial asal Kanada, Sun Life Financial Incorporated.

20. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Perusahaan BUMN yang bererak dalam bidang telekomunikasi. Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan paling menguntungkan milik negara Indonesia saat ini. Berdiri sejak tahun 1856 dan menjadi perusahaan telekomunikasi tertua di Indonesia.

21. PT Unilever Indonesia Tbk.

Perusahaan yang bergerak dalam produksi kebutuhan sehari-hari di Indonesia. Berdiri di Indonesia sejak tahun 1933 dan telah memproduksi ratusan jenis merek. Perusahaan ini adalah bagian dari Unilever N.V asal Belanda.

Foto: HRAsia.com
info gambar

Selain 21 perusahaan tersebut HR Asia juga melansir perusahaan-perusahaan tempat bekerja terbaik lain di beberapa negara di Asia. Seperti Malaysia, Tiongkok, Taiwan, Hong Kong Singapura, Filipina dan Vietnam.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini