Bulan puasa telah tiba. Ramadhan kembali hadir untuk dinikmati bersama sebagai rangkaian momen yang penuh keagungan. Semua umat muslim merayakannya dengan suka cita, tak terkecuali di Indonesia.

Di Indonesia tentunya terdapat beberapa hal yang membuat puasa menjadi sesuatu yang mengasyikkan. Berikut telah kami rangkum enam hal unik yang membuat puasa di Indonesia terasa lebih menyenangkan.

1. Ngabuburit

Orang sering menyebutnya JJS, jalan-jalan sore. Namun agaknya ungkapan tersebut berubah tatkala bulan puasa hadir. Momen yang disebut JJS tersebut berganti nama menjadi ngabuburit. Di Indonesia mayoritas orang gemar melakukan kegiatan ngabuburit, yakni jalan-jalan sore menikmati momen menjelang buka puasa tiba, sembari berlomba-lomba mencari takjil yang pas untuk dijadikan santapan buka puasa.

Suasana Ngabuburit Sembari Berburu Takjil
Suasana Ngabuburit Sembari Berburu Takjil

2. Kolak dan Takjil yang Dicintai Semua Orang

Saat ngabuburit, mayoritas orang akan mencari takjil untuk dijadikan menu berbuka. Takjil dianggap sebagai hidangan yang pas untuk melepas dahaga seusai menahan lapar 13 jam lebih. Namun siapa sangka, salah satu takjil favorit orang-orang Indonesia adalah kolak. Minuman yang lebih sering disajikan secara hangat melalui perpaduan santan dan pisang dengan rasa yang cukup manis ini, memang merupakan menu yang cocok dijadikan sebagai santapan utama saat berbuka puasa.

Kolak Sebagai Menu Takjil yang Disukai Banyak Orang
Kolak Sebagai Menu Takjil yang Disukai Banyak Orang

3. Ajakan Buka Bersama

Bukan orang Indonesia namanya jika bulan puasa tidak diselingi momen buka bersama. Dalam 30 hari waktu puasa, mayoritas orang pasti melakukan kegiatan buka bersama dengan kawan, sahabat, atau orang-orang terkasih. Biasanya agenda buka bersama (buber) ini akan dijadwalkan dari jauh-jauh hari. Selain menjadi momen yang ditunggu, kegiatan buka bersama adalah waktu yang pas untuk bertemu kembali dengan beberapa kawan kecil. Akibatnya buka bersama juga sering menjadi ajang silaturahmi.

Momen Buka Bersama Sebagai Agenda yang Ditunggu-Tunggu Saat Bulan Puasa Tiba
Momen Buka Bersama Sebagai Agenda yang Ditunggu-Tunggu Saat Bulan Puasa Tiba

4. Momen Sahur yang Tak Terlupakan

Orang Indonesia selalu punya cara unik dan kreatif untuk membangunkan orang lain agar segera sahur. Mulai dari ajakan melalui toa masjid yang mendengungkan lagu-lagu islami, adapula barisan anak-anak kecil yang berjalan kesana kemari membawa kentongan sambil berteriak dengan mengucap kata “sahur.” Biasanya kegiatan tersebut lah yang membuat momen sahur menjadi lebih ramai.

Potret Sahur di Indonesia
Potret Sahur di Indonesia

5. Iklan Sirup Dimana-mana

Jika iklan sirup di beberapa stasiun televisi di Indonesia sudah mulai bermunculan, itu tandanya bulan puasa akan tiba. Ya, bahkan hampir semua stasiun televisi pasti menayangkan iklan sirup dengan hidangan yang benar-benar menjanjikan, yang tentu membuat siapa saja tergiur untuk menikmati minuman tersebut. Iklan-iklan sirup tersebut lah yang biasanya turut menghiasi hari-hari puasa di bulan Ramadhan.

Salah Satu Iklan Sirup yang Selalu Bermunculan di Bulan Ramadhan
Salah Satu Iklan Sirup yang Selalu Bermunculan di Bulan Ramadhan

Wah unik dan menarik ya momen-momen selama bulan puasa di Indonesia. Pasti di antara kawan GNFI ada yang turut melakukan hal-hal di atas, bukan?

Oh iya, selamat menunaikan dan menjalankan ibadah puasa untuk semua kawan GNFI dimanapun berada. Selamat beribadah.


Sumber: Terselubung.in IDNTimes

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu