5 Bubur Ini Hanya Bisa Dinikmati Saat Bulan Ramadhan Saja

5 Bubur Ini Hanya Bisa Dinikmati Saat Bulan Ramadhan Saja
info gambar utama

Untuk menyambut bulan ramadhan, berbagai tradisi dilakukan para umat Muslim di sejumlah daerah di Indonesia. Selain tradisi unik, umat Muslim di Indonesia juga membuat kuliner khas yang hanya bisa dinikmati atau ditemui pada bulan Ramadan saja, yaitu Bubur.

Walaupun Bubur biasanya menjadi menu sarapan, tapi bubur-bubur ini hanya dihidangkan menjelang buka puasa. Apa saja menu buburnya?

1. Bubur Samin, Solo

Sumber : Liputan 6
info gambar

Setiap Ramadan tiba, Masjid Darussalam di Kelurahan Jayengan, Serengan, Solo, selalu jadi tujuan warga. Selepas Waktu Ashar, masyarakat Solo dan sekitarnya selalu mengantre untuk mendapatkan bubur samin khas Banjar ini. Butuh waktu yang cukup lama untuk menghasilkan bubur samin dengan porsi besar. Mulai pukul 10.00 WIB, pengurus masjid sudah menyiapkan racikan bahan-bahan bubur samin.

"Bahannya ada beras, sayuran, bumbu rempah-rempah, irisan daging sapi, dan yang paling penting pakai minyak samin yang aromanya khas," kata Ketua Takmir Masjid Darussalam, HM Rosyidi kepada detikFood Jumat (18/5/2018)

2. Bubur Kanji Rumbi, Aceh

sumber : resep masakan indonesiaku
info gambar

Jika mengunjungi Aceh, kawan harus mencoba menu bubur ayam khas Aceh. Kota Serambi Mekah ini punya kanji rambi yang sangat lezat. Bubur yang terbuat dari beras dan racikan bumbu ini terasa sangat pas untuk berbuka puasa. Kanji rumbi adalah sejenis bubur ayam yang dicampur dengan rempah-rempah khas Aceh seperti merica, jintan, adas, kembang lawang, kapulaga, jahe, daun pandan dan masih banyak bumbu dan rempah lainnya. Karena banyaknya bumbu dan bahan yang dipakai maka bubur ini dikenal dengan bubur dengan 40 macam bumbu. Ada beberapa masjid yang menyediakan menu buka puasa yang sangat lezat ini, salah satunya di Masjid Al-Furqon kelurahan Beurawe, Banda Aceh. Setiap pukul 2 siang di bulan Ramadhan, panitia sudah berkumpul menyiapkan kanji rumbi untuk berbuka.

3. Bubur Sop Melayu, Medan

sumber : kabarmedan
info gambar

Menjelang buka puasa, masyarakat Kota Medan beramai-ramai ke masjid untuk mencicipi bubur sop melayu. Bubur sop melayu ini berbahan dari beras, daging sapi, kentang, wortel, daun sop, santan, garam, dan bumbu lainnya. Tradisi ini sudah dimulai sejak berdirinya Masjid Raya pada tahun 1909. Awalnya bubur ini disajikan Kerajaan Melayu, Kesultanan Maimun, untuk para musafir dan pendatang yang singgah untuk berbuka puasa.

4. Bubur Sabilal, Banjarmasin

sumber : Elshinta
info gambar

Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Kalimantan Selatan, biasanya menyediakan 1.000 mangkok bubur setiap hari untuk menjamu jamaah yang berbuka puasa selama bulan Ramadhan. Para Jamaah yang datang untuk berbuka puasa di masjid kebanggaan orang Banjarmasin ini dari berbagai daerah, dan berbagai lapisan ekonomi, duduk bersama untuk menikmati menu berbuka puasa ini selain shalat berjamaah.

5. Bubur Suruh, Tuban

sumber : Youtube
info gambar

Warga sekitar komplek Makam Sunan Bonang ini selalu berbagi bubur suruh selama Bulan Ramadan. Menurut cerita yang beredar tradisi ini sudah ada sejak Kanjeng Sunan Bonang masih hidup. Kala itu santrinya diminta membuat bubur untuk dibagikan kepada jamaah disaat berbuka puasa. Namun sekarang bedanya bubur itu dibagikan secara gratis kepada warga sekitar maupun kepada para peziarah yang datang Ke Komplek Makam Sunan Bonang.

Sumber : DetikFood, Tribunnesw, uleelheu's blog, AntaraNews.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini