https://oto.detik.com/mobil/d-4049269/mitsubishi-xpander-siap-meluncur-di-thailand

http://krjogja.com/web/news/read/67519/Pamor_Sienta_Buatan_Indonesia_Lebih_Moncer_di_Luar_Negeri

Di Asia Tenggara, Indonesia merupakan salah satu negara yang cukup banyak melakukan produksi otomobil. Produk-produk mobil buatan Indonesia pun telah banyak diekspor dan dijual di beberapa negara di Asia Tenggara maupun di Asia. Beberapa dari mobil tersebut bahkan lebih laku di luar negeri daripada di Indonesia sendiri. 

Lakunya mobil-mobil buatan Indonesia merupakan bukti bahwa otomobil buatan Indonesia memang memiliki kualitas sehingga hal ini turut mendongkrak perekonomian. Sebab dengan dipercayanya produk buatan Indonesia maka ekspor Indonesia akan meningkat dan menambah devisa. Lalu, kira-kira produk mobil apa saja yang laku di luar negeri? Berikut daftarnya yang berhasil GNFI rangkum dari beberapa sumber.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

1. Suzuki Karimun Wagon R

Mobil hemat bertipe low cost green car (LCGC) ini memang kalah populer dibandingkan dengan tipe serupa di pasar domestik. Namun ternyata menurut Direktur Pemasaran SIS divisi Kendaraan empat roda, Donny Saputra menjelaskan bahwa produk ini lebih banyak untuk permintaan ekspor. "Ekspor per bulan 3.000 an unit ke Pakistan," ujar Donny seperti dikutip dari Viva.co.id

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

2. Mitsubishi Xpander

Kendaraan SUV buatan Cikarang, Banten ini telah banyak diekspor ke negara Filipina. Menariknya mobil ini merupakan mobil Mitsubishi yang paling laris di Indonesia dan nantinya akan diekspor pula ke negara Asia Tenggara lainnya. Berdasarkan laporan detikOto, negara tujuan ekspor tersebut adalah negara Thailand. Diperkirakan Xpander produk Indonesia akan dijual di Negeri Gajah Putih tersebut pada bulan Juli atau Agustus. 

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

3. Toyota Sienta

Mobil yang muncul di Indonesia sejak tahun 2016 ini sempat populer di awal-awal kemunculannya. Namun kabarnya belakangan ini Toyota Sienta kalah persaingan dengan mobil tipe sejenis di Indonesia. Meski pamornya sedang turun, ternyata mobil ini masih cukup memiliki pasar di luar negeri. Bahkan angka ekspornya mencapai ribuan unit setiap bulannya. Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono mengatakan pada KRJogja bahwa ekspor mobil Sienta mencapai 2.500 unit pada Januari hingga April yang lalu. "Negara tujuan Malaysia dan Thailand," ujar Warih. 

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu