Pagi Menyapa, Ramadan Baik Ala Anggota Polair Markas Unit Ujung Panti Kalsel

Pagi Menyapa, Ramadan Baik Ala Anggota Polair Markas Unit Ujung Panti Kalsel

Anggota Markas Unit Ujung Panti © Dokumentasi Markas Unit Ujung Panti

Pagi-pagi sekali di saat semua orang masih hanyut terlelap dalam mimpi, hal tersebut tidak tampak di Markas Unit Ujung Panti milik Polair Polda Kalsel. Tampak dua orang anggota yang diketahui bernama Brigadir Edy Suhendra dan Bharatu Ali Husien sedang berada di dapur.

Persiapan yang dilakukan oleh anggota untuk membagikan makanan saat sahur | Sumber: Tribun Banjarmasin
Persiapan yang dilakukan oleh anggota untuk membagikan makanan saat sahur | Sumber: Tribun Banjarmasin

Sekitar pukul 03.00 Wita setiap harinya bergantian masing-masing anggota yang bertugas di Markas Unit ini untuk memasak makanan sahur. Memang terdengar biasa saja saat mendengar waktu pagi di bulan Ramadan dihabiskan untuk menyiapkan makanan sahur. Namun ternyata makanan yang disiapkan tersebut tidak hanya untuk dikonsumsi oleh setiap anggota namun untuk dibagikan kepada warga sekitar.

Pada hari itu menu yang dimasak adalah ikan goreng, tahu tempe, dan sayur. Selesai memasak mereka membungkus lauk tersebut beserta nasi putih dan saat waktu sudah mendekati pukul 04.00 Wita, bersama anggota lainnya mereka pergi mengenakan kapal bermesin cepat dan bergerak menyusuri perairan sungai Barito dan singgah di kapal yang tengah tambat atau sedang lego jangkar dan membagikan makanan tersebut untuk digunakan sebagai makanan sahur.

Anggota Markas Unit Ujung Panti | Foto: Dokumentasi Markas Unit Ujung Panti
Anggota Markas Unit Ujung Panti | Foto: Dokumentasi Markas Unit Ujung Panti

Ditegaskan oleh Perwira Pengawas Markas Unit Patroli Ujung Panti AKP Fitri bahwa makanan tersebut dimasak langsung oleh anggotanya secara bergantian setiap harinya. "Anggota kita masak sendiri, kemudian kita melakukan kegiatan sahur kamtibmas," tegasnya.

Tidak cukup berbagi makanan sahur kepada warga sekitar, Markas Unit ini juga memiliki kegiatan khusus yang dinamai Pagi Menyapa. Kegiatan tersebut diadakan seusai sholat subuh sambil mendatangi tugboat dan perahu-perahu yang sedang tambat. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk membangun silaturahmi antara petugas dan warga sekitar guna membangun kepercayaan masyarakat terhadap anggota kepolisian yang seringkali kurang, serta membangun keamanan dan kenyamanan bagi warga pesisir.

Para anggota dari Markas Unit ini mendatangi dan menyapa warga-warga sekitar untuk menanyakan keadaan kapal serta lingkungan tidak lupa berbincang mengenai aktivitas pagi yang dilakukan oleh warga pemukiman yang berada di salah satu tepian sungai Barito dalam dialog santai.


Sumber: Banjarmasin Post | Tribun Banjarmasin

Pilih BanggaBangga80%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau20%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Beginilah Indahnya Toleransi Antar Agama di Indonesia Sebelummnya

Beginilah Indahnya Toleransi Antar Agama di Indonesia

Inilah Lele Berwarna Pink Dari Jepara Selanjutnya

Inilah Lele Berwarna Pink Dari Jepara

Vita Ayu Anggraeni
@ayuvitaa

Vita Ayu Anggraeni

I work here because I value positivity. In the midst of social media era I wish that everyone builds harmony through positivity, so I start from myself.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.