10 Film Indonesia Terlaris 2018, Bisa Tebak?

10 Film Indonesia Terlaris 2018, Bisa Tebak?
info gambar utama

Industri film Indonesia terus berkembang. Minat masyarakat pun juga semakin tinggi untuk menonton film Indonesia yang kian membaik, dari segi kualitas gambar maupun cerita. Hal ini terbukti dengan munculnya film-film Indonesia yang mampu meraih ratusan ribu hingga jutaan penonton. Apa saja film-film yang sanggup menarik banyak penonton itu?

Bersiap...
info gambar

10. Bayi Gaib: Bayi Tumbal Bayi Mati

Posisi ke-10 ditempati oleh Bayi Gaib: Bayi Tumbal Bayi Mati. Film yang disutradarai Dheeraj Kalwani ini tayang pada 15 Februari 2018. Film dari rumah produksi MD Pictures ini berhasil menggandeng 617.045 penonton dan berhasil mengantongi pendapatan sekitar Rp22,8 miliar.

Ditulis oleh Baskoro Adi Wuryanto, film ini bercerita tentang petaka yang melanda kehidupan rumah tangga Rafa (Ashraf Sinclair) dan Farah istrinya (Rianti Cartwright). Mereka harus menghadapi kehamilan dan kelahiran bayi Farah yang tidak wajar. Gangguan-gangguan gaib pun sering terjadi di rumah mereka. Setelah diselidiki, Rafa menemukan bahwa kejadian tersebut berhubungan dengan bayi yang sedang dikandung istrinya.

9. The Secret: Suster Ngesot Urban Legend

Meski film ini tayang pada 26 April 2018 bersamaan dengan Avengers: Infinity War garapan Marvel, ternyata tetap mampu menggaet 639.552 penonton. Bahkan di minggu pertama tayangnya, film ini telah ditonton hingga 300 ribu penonton.

Film di bawah naungan RA Pictures ini menceritakan Kanaya (Nagita Slavina) yang meninggalkan rumah karena ayahnya (Roy Marten) menikahi wanita lain yang usianya sama dengan dirinya. Nahas, Kanaya lalu mengalami kecelakaan saat perjalanan dan ia dirawat di rumah sakit yang cukup seram. Di rumah sakit ini, Kanaya diteror oleh suster ngesot yang ingin membalas dendam. Menurut firasatnya, itu terjadi karena Kanaya menabrak seseorang saat kecelakaan tadi.

8. Alas Pati

Film yang belum lama tayang ini, tepatnya pada 24 Mei 2018 lalu, kini telah masuk ke dalam daftar film terlaris hingga Juni 2018. Diproduseri oleh Manoj Punjabi, film Alas Pati berhasil memikat 649.208 penonton. Bahkan film ini masih tayang di beberapa bioskop tanah air.

Alas Pati bercerita tentang lima pemuda yang memiliki saluran YouTube dengan banyak pelanggan. Namun suatu hari, mereka mendapatkan komentar dari pengikutnya bahwa ada satu tempat angker bernama Alas Pati, bukit tempat penguburan masal pada zaman dulu. Mereka pun lalu tertarik untuk berkunjung dan membuat konten untuk salurannya. Namun mereka harus menghadapi malapetaka, seorang temannya meninggal. Sejak itu, mereka terus dihantui hingga saat balik di Jakarta.

7. Benyamin Biang Kerok

Lepas dari genre horor, kali ini adalah film yang mencoba mengenang cerita legenda Betawi, Benyamin alias Pengki. Film garapan Hanung Bramantyo ini berhasil memikat 740.346 dan diperkirakan mendapat penghasilan hingga 27,3 miliar rupiah. Film di bawah rumah produksi Falcon Pictures ini tayang pada Maret lalu, tepatnya 1 Maret 2018.

Berkisah tentang Pengki (Reza Rahardian), seorang lelaki turunan konglomerat yang dianggap tak berguna oleh ibunya sendiri. Namun saat ia jatuh cinta dengan Aida (Delia Husein), ia mulai memiliki tujuan hidup, yaitu membangun sekolah untuk anak-anak miskin. Sayangnya, niatan tersebut terhalang oleh Said (Qomar), pemilik kasino yang disabotase oleh Pengki, Somad (Adjis Doaibu), dan Achie (Aci Resti.

6. Sajen

Posisi ke-6 film terlaris Indonesia kembali didapat untuk genre horor. Adalah Sajen, garapan Hanny R Saputra yang tayang pada 3 Mei 2018. Film ini berhasil mendapatkan 789.099 penonton.

Seperti judulnya, dalam film terdapat tiga sajen di SMA Pelita Bangsa yang menjadi misteri. Sajen tersebut diperuntukkan untuk menghindari hal-hal buruk sepeninggal Alanda, siswa yang meninggal dunia akibat jadi korban persekusi (bullying). Alih-alih menangkal hal buruk, sajen tersebut justru mengundang misteri lainnya, terutama bagi Bianca (Steffi Zamora) dan Davi (Jeff Smith), dua murid yang menyebabkan siswa-siswa menjadi korban persekusi.

5. Yowis Ben

Yowis Ben merupakan film perdana YouTuber asal Malang, yaitu Bayu Skak. Film yang sekitar 80% menggunakan Bahasa Jawa ini berhasil memikat 935.622 penonton. Kolaborasi Fajar Nugros dan Bayu Skak sebagai sutradara membuat film ini mendapat estimasi pendapatan hingga 34,5 miliar rupiah sejak tayang pada 22 Februari 2018.

Film berkisah tentang cinta Bayu (Bayu Skak) terhadap Susan (Cut Meyriska). Sadar bahwa dirinya ‘pas-pasan’, Bayu akhirnya bertekad untuk membuat dirinya kian populer dengan membentuk sebuah grup musik yang mereka beri nama Yowis Ben. Sayangnya, saat grup musik Bayu sedang naik daun di Kota Malang, ada angin-angin yang berusaha memecah antarpersonil Yowis Ben.

4. Eiffel... I’m In Love 2

Kerinduan akan film pertamanya di tahun 2003 membuat Film Eiffel... I’m In Love 2 ini menembus 1.008.392 penonton. Film dalam naungan Sunil Soraya ini diperkirakan meraih pendapatan pada angka 37,3 miliar rupiah.

Sebagai kelanjutan film pertamanya, Eiffel... I’m In Love 2 memberi tontonan kelanjutan kisah asmara Tita (Shandy Aulia) dengan Adit (Samuel Rizki). Mereka menjalani LDR sudah 14 tahun sejak mereka masih SMA. Bahkan Tita mulai gelisah karena Adit yang tak kunjung melamarnya sementara kedua sahabatnya sudah menikah semua.

3. #TemanTapiMenikah

Film yang berangkat dari kisah nyata pasangan Ayudia Bing Slamet dan Ditto Percussion ini berhasil memikat sebanyak 1.653.105 penonton. Tayang pada 28 Maret 2018, #TemanTapiMenikah disutradarai oleh Rako Prijanto.

Kisah cinta Ditto (Adipati Dolken) kepada Ayu (Vanesha Prescilla) sudah dimulai sejak kecil. Mereka bertemu pertama kali saat SMP dan menjadi sahabat dekat setelahnya. Namun ternyata Ditto memendam perasaan lebih buat Ayu, ia tak mau merusak persahabatannya. Hingga saat Ayu bercerita telah dilamar seseorang, Ditto akhirnya harus membuat keputusan: menyatakan perasaan atau membiarkan cinta pertamanya jadi sahabat seumur hidup.

2. Danur 2: Maddah

Sukses dengan film pertamanya, Danur melanjutkan produksi film kedua yang tayang pada 28 Maret 2018. Di bawah produksi MD Pictures, Danur 2: Maddah mampu mencetak 2.572.133 penonton.

Danur 2 bercerita tentang Risa (Prilly Latuconsina) bersama adiknya, Riri (Sandrina Michelle) yang sering berkunjung dan menginap di rumah pamannya, Om Ahmad (Bucek Depp). Awalnya Risa tidak merasakan keanehan apapun dengan rumah baru omnya itu, hingga suatu hari ia menemukan bahwa omnya selingkuh. Tak hanya itu, sikap Om Ahmad juga berubah dan rumah tersebut mulai menunjukkan adanya teror dari makhluk-makhluk gaib.

1. Dilan 1990

Jauh dari posisi kedua, Film Dilan 1990 mampu memikat hati 6.315.664 penonton. Film ini diambil dari novel berjudul sama karya Pidi Baiq. Disutradarai oleh Fajar Bustomi, film ini diperkirakan mampu mencapai keuntungan setidaknya 233 miliar rupiah.

Dilan 1990 bercerita tentang Milea (Vanesha Prescilla), gadis Jakarta yang baru saja pindah ke Bandung. Di sekolahnya, ia bertemu dengan Dilan (Iqbaal Ramadhan). Dilan pun terpikat padanya. Perkenalan yang tidak biasa awalnya membawa Milea risih, namun lama-kelamaan jadi terbiasa, penasaran, dan akhirnya jatuh cinta. Perjalanan hubungan mereka tidak mulus-mulus amat, Beni (Brandon Salim), Anhar (Giulio Perangkan), hingga Kang Adi (Refal Hady) mewarnai perjalanan itu.


Wah ternyata film terlaris Indonesia hingga satu semester ini didominasi dengan film bergenre horor, ya. Tapi tetap saja, film bernuansa romantis tetap mampu memikat banyak hati dan pasang mata. Dari 10 film di atas, mana nih favorit Kawan GNFI? Kira-kira mana juga yang bertahan hingga akhir 2018?


Sumber: Data penonton diambil dari Film Indonesia per 15 Juni 2018, Book My Show

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini