Foto Berita 3 Bendungan Baru di Sulsel Tingkatkan Tampungan Air 261,23 Juta M3

3 bendungan sedang digarap oleh pemerintah di Provinsi Sulawesi Selatan yakni Bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo, Karalloe di Kabupaten Gowa, dan Pamukkulu di Kabupaten Takalar.

Pembangunan bendungan ini dapat meningkatkan tampungan air sebesar 261,23 juta m3.

Dikutip dari CNBC Indonesia, "Bendungan Paselloreng ditargetkan rampung Desember 2018. Untuk Bendungan Karalloe, konstruksinya memang dimulai lebih dulu, namun sempat mengalami masalah pengadaan lahan, sekarang bisa diselesaikan, mudah-mudahan progres konstruksi tidak mengalami kendala lagi. Sementara Bendungan Pamukkulu sudah mulai konstruksi akhir 2017 lalu yakni pembangunan jalan akses dan penyiapan lahan kerja," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Selain meningkatkan tampungan air, manfaat bendungan ini adalah menjadi sumber air baku untuk 4 kecamatan di Kabupaten Wajo sebesar 305 liter/detik, pembangkit listrik mikrohidro 2,5 MW, konservasi air, pengendali banjir Sungai Gilireng, perikanan air tawar dan pariwisata.

Dilansir dari Warta Ekonomi, konstruksi Bendungan Paselloreng dikerjakan oleh PT Wijaya Karya–PT Bumi Karsa, KSO (Kerjasama Operasi) dengan biaya Rp736 miliar. Sementara sebagai konsultan supervisi adalah PT Mettana, PT Timor Konsultan, PT Raya Konsultan KSO dengan nilai kontrak supervisi sebesar Rp37,5 miliar. Progres fisik Bendungan Paselloreng hingga Juni 2018 telah mencapai 73,01%.


Sumber:

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu