5 Alat Musik Dalam Satu Wadah Ini Buatan Pemuda Asal Bali

5 Alat Musik Dalam Satu Wadah Ini Buatan Pemuda Asal Bali
info gambar utama

Mungkin alat musik petik seperti gitar, ukulele, dan harpa sering terdengar ditelinga kita. Alat musik petik biasanya digunakan untuk mengiringi suatu lagu atau bahkan menjadi sumber penghasilan bagi beberapa orang yang bergelut dibidang musik.

Tapi apa yang terjadi ketika ada 5 alat musik termasuk gitar, ukulele, dan harpa digabungkan menjadi satu wadah saja? Hal ini tidak mustahil bagi I Wayan Tuges, seorang putra bangsa asal Bali ini berhasil membuat Guitarharpulele.

Guiharpulele adalah sebuah alat musik yang terdiri dari gitar, harpa, ukulele, kalimba dan washboard. Awalnya, alat musik ini dipesan oleh band indie asal Toronto, Kanada, bernama ‘Walk off The Earth’. Untuk pengerjaan dari Guiharpulele ini, Tuges memerlukan waktu lima bulan.

Tuges menggunakan bahan-bahan yang terbaik untuk Guiharpulele ini. Pada bagian body, Tuges menggunakan kayu mapple yang dipadukan dengan kayu mahoni. Tuges juga menambahkan kerang mutiara sebagai bahan pendukung dari Guiharpulele buatannya ini.

Guiharpulele buatan pria berumur 66 tahun ini pertama kali diperkenalkan saat 'Walk Off The Earth' membawakan lagu berjudul 'Girls Like You' yang kemudian diunggah pada akun Youtube milik band asal Kanada tersebut.

Diketahui Tuges menjual Guiharpulele ini senilai 10.000 dolar AS kepada ‘Walk off The Earth’. Meskipun alat musik buatannya sudah dilirik oleh dunia, Tuges menyayangkan belum banyak musisi lokal yang mengakui bahwa produk buatan Indonesia memiliki kualitas yang tidak kalah dengan produk dari luar.

Inilah yang menyebabkan usaha pembuatan alat musik miliknya yang berada di Jalan Raya Guang, Desa Guang Sukawati, Gianyar, Bali, justru diramaikan oleh pembeli asal luar negeri. Hanya kalangan tertentu saja yang berasal dari dalam negeri yang menjadi pembelinya.

Luthier –sebutan untuk pengrajin gitar- asal Bali ini kesehariannya memang tidak lepas dari memproduksi gitar. Gitar karya Tuges juga sudah sangat terkenal baik didalam maupun luar negeri. Bahkan musisi dunia menggunakan gitar buatannya.

Dikutip dari Antaranews.com, Tuges mengatakan bahwa sudah dua ribu gitar yang diproduksi dan digunakan oleh musisi dunia dan dalam negeri. Di Indonesia, Iwan Fals, Eross Djarot, hingga mantan Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono pernah membeli gitar buatannya.


Sumber: Antaranews.com, Liputan6.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini