National Friendly Game 5 Sidoarjo 2018

National Friendly Game 5 Sidoarjo 2018

Dari Kiri - Kanan : Tim Jogja 2 (Merah), Tim Jogja 1 (Hitam garis hijau), Tim Sidoarjo Lobster Spartan (Merah), Tim Surabaya 1 dan 2 (Hijau), dan Tim Jakarta (oren). Suasana ketika Opening Ceremony NFG 5 Sidoarjo.

Setelah series terakhir diadakan 2 tahun lalu, NFG 4 di Bogor, NFG, sebutan ‘akrab’ dari National Friendly Game series ke 5, telah digelar di Sidoarjo, 14-15 Juli 2018. Ajang Nasional tersebut diadakan di 2 tempat, Hari pertama diadakan di Stadion Jenggolo Sidoarjo, dan hari kedua di Lapangan Kedungturi, Sidoarjo.

Upacara pembukaan di mulai pada pukul 7 pagi di Stadion Jenggolo Sidoarjo, diikuti oleh semua peserta, Surabaya 1, Surabaya 2, Jogja 1, Jogja 2, Jakarta, Bandung, Malang, Semarang, Blitar, Bekasi, dan Sidoarjo, total 11 tim. Dibagi menjadi 3 grup, Grup A; Surabaya 1 – Bekasi – Malang – Jogja 2, Grup B; Jakarta – Blitar – Semarang – Surabaya 2, dan Grup C; Bandung – Jogja 1 – Sidoarjo.

Namun sayangnya, tepat pada pukul 11, seluruh kegiatan di Stadion Jenggolo terpaksa harus dihentikan karena ada beberapa paham dan masalah. Pihak panitia telah meyakinkan bahwa mereka sudah mengikuti segala syarat dan ketentuan yg berlaku, namun tetap saja, pihak berwenang beranggapan ada persyaratan2 penting yg belum terpenuhi seperti legalitas ambulance, rujukan ke rumah sakit terdekat, dan surat dari Polresta Sidoarjo yang belum turun sehingga tidak memperbolehkan Stadion Jenggolo mengadakan aktivitas atau kegiatan apapun.

Imbasnya, beberapa pertandingan tertunda. Para peserta di kembalikan ke tempat penginapan untuk menunggu keputusan lebih lanjut. Sementara panitia kerja keras keliling Sidoarjo, mencari lapangan untuk meneruskan acara di hari pertama dan untuk menggelar pertandingan2 sisa di hari terakhir.

Tepat pukul 3 sore, pertandingan yg sempat tertunda tadi siang, dilanjutkan kembali di Lapangan (belakang) Ramayana. Yaitu pertandingan antara Sidoarjo vs Jogja 1 yg tersisa 1 babak, dan pertandingan Surabaya 1 vs Malang.

Di hari terakhir, hari minggu, 15 juli, NFG 5 Sidoarjo diadakan di Lapangan Kedungturi, Taman, Sidoarjo. Dimulai dengan seleksi Tim Nasional 8v8 Indonesia tahap akhir tepat pada pukul 06.30 pagi. Seleksi di pimpin langsung oleh Head Coach Tim Nasional Flag Football Indonesia, Akbar Kusuma. Telah dibagi menjadi 4 Tim Offense dan Defense, masing - masing melakukan drill scrimmage selama kurang lebih 1 jam. Lalu setelahnya dilanjutkan pertandingan - pertandingan sisa pada fase grup dengan target selesai sebelum jam 11 siang. Agar ada cukup waktu untuk babak 8 besar, 4 besar, dan Final.

Namun sayang, seluruh pertandingan fase grup baru selesai pada pukul 12. Hal tersebut membuat Panitia mengambil keputusan tidak mengadakannya babak 8 besar, dan langsung ke babak Semifinal mempertemukan Surabaya 1 vs Bandung, dan Jakarta vs Jogja 1. 4 Tim lainnya yang sebenarnya berhasil lolos ke babak 8 besar seperti Semarang, Bekasi, Sidoarjo, dan Blitar, dengan kecewa, harus menerima keputusan tersebut demi kelanjutan ajang Nasional tersebut.

Tim Offense Surabaya Heroes, sedang melakukan
Tim Offense Surabaya Heroes, sedang melakukan "Huddle", mengatur strategi untuk play berikutnya

Final NFG 5 Sidoarjo dimulai pukul 3.30 sore. Banyak warga sekitar lapangan Kedungturi tersebut berdatangan, menyaksikan dengan penasaran jenis Olahraga apa yg sedang mereka lihat tersebut. Final berjalan seru, mempertemukan tim Jogja 1 versus juara bertahan NFG 4, Surabaya Heroes 1. Babak pertama ditutup dengan keunggulan tim Jogja 1, 7 - 0 atas Surabaya Heroes. Namun di babak kedua, Surabaya Heroes berhasil membalikkan kedudukan serta mempertahankan keunggulan hingga pertandingan usai, 13 - 7 untuk keunggulan Surabaya Heroes. Pertandingan berakhir dengan kemenangan Surabaya Heroes 1 atas Jogja 1. Back to Back Champion, Surabaya Heroes!!

Surabaya Hereos 1 juga sukses mengirimkan wakil - wakilnya, adalah WR Azzam Satriawansyah berhasil terpilih menjadi MVP pada Final sore hari itu. Lalu OL Angga dan WR Yunan asal Tim Surabaya Heroes juga berhasil meraih penghargaan sebagai BEST OFFENSIVE LINEMAN dan BEST OFFENSIVE PLAYER pada laga Final tersebut. Lalu ada DL Syarif dan CB Cahaya Mustofa dari Tim Jogja 1 sebagai BEST DEFENSIVE LINEMAN dan BEST DEFENSIVE PLAYER pada final tersebut. Berakhirnya awarding ceremony tersebut menutup gelaran NFG 5 Sidoarjo sore itu.

Awarding Ceremony
Awarding Ceremony; Dari Kiri - Kanan : MVP Azzam Satria (1), Best Offensive Lineman Angga (76), Best Defensive Lineman Syarif (66), Ali Maghfudhon K sebagai Panitia Acara NFG 5 Sidoarjo (98), Best Offensive Player Yunan (4), dan Best Defensive Player Cahaya Mustofa (27)

Sementara itu, Tournament-Kompetisi terdekat yg akan diselenggarakan sesuai Jadwal IFFA, Indonesian Flag Football Association adalah Regional Season di seluruh Region di Indonesia (Start September hingga Februari), dan College Bowl 6, diperuntukkan kepada Universitas diseluruh Indonesia, yang rencananya akan diadakan di Yogyakarta akhir November 2018 tahun ini.

Let’s Play Flag Football!!


Sumber:

IFFA Region Sidoarjo

Pilih BanggaBangga80%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau20%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Perbedaan dan Kepercayaan Sebelummnya

Perbedaan dan Kepercayaan

Google Rayakan 70 Tahun Sosok Chrisye Selanjutnya

Google Rayakan 70 Tahun Sosok Chrisye

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.