Tidak Banyak yang Tahu, Ini lho Makna Lomba-Lomba saat 17an (Bagian 2)

Tidak Banyak yang Tahu, Ini lho Makna Lomba-Lomba saat 17an (Bagian 2)

pexels

Memasuki bulan Agustus, pastinya banyak sekali kampung-kampung atau kompleks perumahan menggelar acara lomba tujuhbelasan atau agustusan. Lomba tersebut dapat diikuti oleh anak kecil dan beberapa ada yang untuk orang dewasa. Lalu apakah kawan GNFI tahu apa sih makna dari macam-macam lomba tujuhbelasan ini? Berikut adalah beberapa macam lomba dan maknanya.

Tarik Tambang

KataRiau.com
KataRiau.com

Perlombaan yang melibatkan dua kelompok dengan 5 atau lebih peserta ini juga hampir tak pernah terlewatkan dalam perayaan 17 Agustus. Lomba ini juga sering dilaksanakan saat momen-momen penting di Indonesia. Lomba ini adalah sebuah pertarungan dua tim. Dengan alat sebuah tali tambang. Di tengah-tengah terdapat pembatas berupa garis. untuk menentukan tim mana yang akan menang, salah satu tim yang berhasil menarik lawannya ke batas atau daerahnya akan dinyatakan sebagai pemenang.

Makna dari lomba ini adalah kekompakan tim. Lomba ini bukan sekedar adu kekuatan. Tarik tambang mengajarkan makna gontong royong, kebersamaan, dan solidaritas. Walaupun terlihat simple, perlombaan yang satu ini memiliki makna yang sangat penting untuk membangun bangsa.

Panjat Pinang

sumber : hipwee
sumber : hipwee

Perlombaan yang menjadi primadona saat perayaan 17 Agustus ini menyediakan sebuah pohon pinang yang tinggi dan batangnya dilumuri oleh oli bekas atau sabun untuk melicinkannya. Di bagian atas pohon pinang tersebut, disiapkan berbagai hadiah menarik, dari makanan hingga hadiah menarik lainnya. Para peserta berlomba untuk mendapatkan hadiah-hadiah tersebut dengan cara memanjat batang pohon yang biasanya pohon pinang.

Perlombaan ini berasal dari zaman penjajahan Belanda dulu. Lomba panjat pinang diadakan oleh orang Belanda jika sedang mengadakan acara besar seperti hajatan, pernikahan, dan lain-lain. Yang mengikuti lomba ini adalah orang-orang pribumi.

Sumber : MerahPutih.com, KataRiau.com, Hipwee,.

Pilih BanggaBangga88%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau13%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Penasaran dengan Emas Asian Games, Atlet Angkat Besi Ini Siap Berikan yang Terbaik! Sebelummnya

Penasaran dengan Emas Asian Games, Atlet Angkat Besi Ini Siap Berikan yang Terbaik!

Peringati Hari Gunung Sedunia, Mapala UMN Terapkan Konsep Less Waste Pada Pendakian Perdananya Selanjutnya

Peringati Hari Gunung Sedunia, Mapala UMN Terapkan Konsep Less Waste Pada Pendakian Perdananya

Fachrezy Zulfikar
@fachrezy

Fachrezy Zulfikar

Writer

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.