Tak Hanya BTS yang Berbicara di Forum PBB, dari Indonesia Ada Pemuda Ini

Tak Hanya BTS yang Berbicara di Forum PBB, dari Indonesia Ada Pemuda Ini
info gambar utama

24 September lalu, grup band asal Korea Selatan, BTS yang baru saja mengeluarkan album bertajuk Love Yourself mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan pidato berdurasi 3 menit di hadapan seluruh delegasi negara yang ada di forum PBB terkait peluncuran kerjasama global UNICEF di Majelis Umum PBB ke 73 di New York.

Di pidato tersebut BTS menyerukan kepada pemuda di dunia untuk menyuarakan keyakinan dan suaranya masing-masing. Peristiwa tersebutpun hangat dibicarakan di seluruh penjuru dunia. Bagaimana menginspirasinya grup band asal Korea Selatan tersebut, berkarya dan menginspirasi pemuda di seluruh dunia.

Tak kalah menginspirasi, di tahun 2017 lalu seorang pemuda asal Minang juga berkesempatan untuk menyuarakan suaranya atas nama pendidikan. Pemuda tersebut ialah Iman Usman, pendiri aplikasi belajar Ruangguru.

Iman Usman saat berbicara di PBB | Foto: Defina / Ruangguru
info gambar

Iman Usman menjadi satu dari enam pemuda dunia yang dipilih Kantor Presiden Majelis Umum PBB di New York USA, Peter Thomson pada kala itu. Ke-enam pemuda termasuk Iman Usman diundang untuk berbicara di forum dunia untuk mendorong dan memastikan pendidikan berkualitas yang layak dan inklusif serta mendorong kesempatan belajar seumur hidup bagi semua orang. Ia diundang dalam rangka High-Level SDG Action Event on Education. Dia berbicara di forum dunia bertempat di Kantor Pusat PBB Rabu 28/6/17, putera minang ini lantang di hadapan pemangku kepentingan utama sustainable development goal 4-Pendidikan.

Sang pendiri Ruangguru tersebut, juga aktif di Panel Muda Education Commission, sebuah Komisi Global PBB yang berupaya memberikan rekomendasi terhadap upaya pendanaan bagi pendidikan global.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
info gambar

Tak hanya itu ia juga menjadi pemuda terpilih berbicara di New York, pada ajang evaluasi atas inisiatif PBB pada September 2015 mencetuskan Agenda Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals).


Sumber: Tribun Sumbar

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini