Mahasiswi asal Pendidikan Olahraga (POR) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) baru saja menorehkan prestasi di kancah internasional. Di ajang Invitation 4th Asian Pencak Silat Championship 2018 di India (30-9-4/10), Dela Kusumawati sukses meraih medali perak.

sumber : jawapos
sumber : jawapos

Sebelum menjuarai dikompetisi internasional tersebut, Dela pernah menjuarai Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) 2017 di Makassar sebelumnya. Hal itulah yang membuat Dela mudah untuk bertanding di ajang internasional tersebut. Di babak penyisihan, ia mengalahkan pesilat dari Malaysia, yang juga pernah menjuarai Sea Games 2017. Lalu di babak semifinal, ia berhasil menaklukan pesilat asal tuan rumah, India.

Prestasi itu adalah buah dari hasil latihan rutin yang ia lakukan. Mulai dari sebelum dan sesudah pemanggulan atlet daru PB IPSI terkait kejuaraan di India. Ditambah dengan program Minat Bakat Olahraga (MBO) Pencak Silat yang ada di POR FKIP UMS.

”Latihan sudah terprogram dan terjadwal dengan baik. Medali perak ini sudah sesuai target,” kata Dela yang dikutip dari Jawapos

Nur Subekti, Kaprodi POR FKIP UMS memberikan pujian atas hasil performa yang diperoleh Dela. Menurutnya, ini ini adalah bukti bahwa mahasiswa POR FKIP UMS dapat bersaing dengan mahasiswa pendidikan olahraga di universitas lain.

4th Asian Pencak Silat Chamionship diikuti 16 negara sebagai juara Vietnam.

--

Sumber : Jawapos.com, krjogja.com

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu