5 Ikan yang Biasa Di Budidayakan di Indonesia

5 Ikan yang Biasa Di Budidayakan di Indonesia
info gambar utama

Di Indonesia ada banyak ikan yang bisa dikonsumsi, baik yang bersumber dari air tawar maupun air laut. Ikan ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi jika dibudidayakan dengan baik. Tetapi dari jenis ikan ini, yang mudah untuk dibudidayakan adalah jenis ikan air tawar, karena mereka tidak bergantung pada tempat dan wilayah yang terbatas sebagai ikan laut. Jenis ikan air tawar menurut kegunaannya digolongkan menjadi dua, yaitu kategori ikan hias dan ikan konsumsi.

Dari dua kelompok ikan, ada beberapa jenis ikan dan ikan konsumsi. Ikan air tawar jenis ini bisa digunakan untuk ikan hias karena keindahan tubuhnya seperti ikan dan gurame.

Berikut ada beberapa ikan yang biasa dibudidayakan oleh petani Indonesia.

1. Ikan Lele

Ikan ini merupakan ikan semua kalangan. Bagaimana tidak? Di banyak tempat makan dari yang elite sampai pedagang kaki lima pun rata rata menyediakan menu ikan lele. Dari situ dapat dilihat bahwa prospek budidaya lele sangat cerah.

Cara perawatan dalam budidaya lele juga tidak terlalu sulit dan pakan yang diberikan pun bermacam macam. Bisa dari pabrik atau makanan alternatif lainnya. Oleh karena itu budidaya ikan lele ini masih menjadi usaha budidaya favorit banyak orang.

2. Ikan Nila

Ikan nila merupakan jenis ikan air tawar yang mempunyai nilai konsumsi cukup tinggi. Bentuk tubuh memanjang dan pipih ke samping dan warna putih kehitaman atau kemerahan. Ikan nila berasal dari Sungal Nil dan danau-danau sekitarnya. Sekarang ikan ini telah tersebar ke negara-negara di lima benua yang beriklim tropis dan subtropis. Sedangkan di wilayah yang beriklim dingin, ikan nila tidak dapat hidup baik Ikan nila disukai oleh berbagai bangsa karena dagingnya enak dan tebal seperti daging ikan kakap merah.

3. Ikan Mas

Ikan mas (Cyprinus carpio L) merupakan jenis ikan konsumsi yang sangat dikenal hampir diseluruh Indonesia. Di beberapa tempat makan, ikan ini menjadi menu utama yang dipadukan dengan olahan bumbu khas di masing masing tempat.

4. Ikan Patin

Pada kegiatan budidaya, makanan ikan patin akan berubah sejalan dengan pertambahan umur dan perkembangannya.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

5. Ikan Gabus

Dalam bisnis budidaya, ikan gabus memiliki prospek yang tinggi karena harga jual ikan ini mahal dalam pangsa pasar serta tingkat mortalitas ikan gabus rendah sehingga ini menjadi keuntungan komersial dalam proses transportasi ikan gabus dalam keadaan hidup.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

MH
VA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini