Walikota Surabaya, Tri Rismaharini menginginkan kota yang dipimpinnya - ibu kota Jawa Timur dan kota terbesar kedua di Indonesia - memiliki begitu banyak museum sehingga ia akan memperoleh moniker baru sebagai "Kota Seribu Museum."

Museum AJBS di Surabaya | Foto: Didik Suhartono / Antara
Museum AJBS di Surabaya | Foto: Didik Suhartono / Antara

Risma berbicara tentang ambisinya selama konferensi pers pada hari Selasa (16/10) di mana dia juga mengatakan dia telah bermimpi membangun lebih banyak perpustakaan dan museum di kota sejak ia mulai memimpin pada tahun 2010.

Selain penghargaan kepada pejabat pemerintah peduli museum, Indonesia Museum Award 2018 juga memberikan penghargaan kepada Tokoh Peduli Museum, Pengusaha Peduli Museum, Perguruan Tinggi Peduli Museum dan Media Peduli Museum. Bahkan, ada pula penghargaan khusus untuk tokoh yang sepanjang hidupnya memiliki andil besar bagi perkembangan museum dan heritage, berupa penghargaan Pengabdian Sepanjang Hayat (Lifetime Achievement).

Risma sendiri mengatakan, pihaknya kaget setelah mendengar bahwa dapat penghargaan salah satu pejabat yang peduli terhadap museum. “Terus terang saya kaget waktu diberitahu dapat penghargaan ini, karena saya belum melakukan apa-apa,” katanya.

"Mimpi saya adalah memiliki setidaknya seribu perpustakaan di Surabaya. Dan sekarang kami memiliki 1.498 di antaranya," kata Risma.

Museum Monumen Kapal Selam | Sumber: Kompas
Museum Monumen Kapal Selam | Sumber: Kompas

Bu Risma yang juga merupakan seorang arsitek dengan pelatihan yang juga memiliki gelar master dalam perencanaan kota, mengatakan memiliki lebih banyak perpustakaan dan museum di kota akan mendorong kaum muda untuk belajar lebih banyak tentang sejarah negara tersebut.

Risma juga mengatakan dia telah bekerja sama dengan para veteran kota untuk memberikan kursus dalam nasionalisme.

Sebagai bagian dari kelas yang mereka ajarkan, para veteran membawa orang-orang muda ke situs sejarah kota dan menjelaskan sejarah mereka.

"Saya masih banyak belajar tentang mereka juga," kata Risma.

Pada hari Minggu, Risma dianugerahi medali Purwakalagrha selama upacara Indonesia Museum Awards 2018 di Perpustakaan Nasional di Jakarta Pusat.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menerima penghargaan Purwakalagrha.Foto/SINDOnews/Aan Haryono.
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menerima penghargaan Purwakalagrha | Foto: Aan Haryono / SINDOnews

Medali diberikan kepada pejabat publik yang telah memberikan kontribusi signifikan ke museum dan perpustakaan di Indonesia.

Sutradara penghargaan dan pendiri Komunitas Jelajah, Musiana Yudhawasthi, mengatakan Risma diberi penghargaan atas kontribusinya untuk perpustakaan di Surabaya.

Musiana mengatakan bahwa Risma telah mengatakan kepadanya bahwa ia ingin mengubah Surabaya menjadi kota seribu museum setelah diberi gelar kota seribu taman di bawah kepemimpinannya pada tahun 2014.

Risma mengatakan dewan kota akan bekerja dengan pemerintah dan lembaga swasta untuk membangun museum baru di Surabaya setiap tahun.

Ia juga mengungkapkan bahwa dewan sudah memulai pada rencana untuk membangun museum pos, museum makanan tradisional, dan museum industri.


Sumber: Jakarta Globe | SINDOnews

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu