Inilah Peringkat Kecepatan 8 Kereta Api di Indonesia. KA Apa yang Tercepat?

Inilah Peringkat Kecepatan 8 Kereta Api di Indonesia. KA Apa yang Tercepat?

Argo Bromo Anggrek © Muhammad Pascal Fajrin

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠. Rekomendasi lain dari WHO

Transportasi umum jalur darat menjadi salah satu moda transportasi yang paling digemari masyarakat Indonesia. Selain karena biaya yang terjangkau, akses menuju tempat keberangkatan juga lebih mudah.

Ada tiga opsi untuk menempuh perjalanan luar kota memakai jalur darat, yaitu bis, mobil travel, dan kereta api. Dari ketiganya, kereta api dinilai menjadi pilihan yang paling efisien, karena kecepatan waktu tempuhnya.

Berbicara tentang waktu tempuh, tahukah kamu kereta api apa yang tercepat di Indonesia? Untuk mengetahuinya, kamu bisa melihat daftar di bawah ini, yang berisi nama kereta serta kecepatan rata-ratanya.

Argo Parahyangan: 55.3 Km/jam

Kereta api jurusan Gambir-Bandung PP ini menempuh jarak 166 kilometer, dengan waktu tempuh tercepat 3 jam 9 menit. Merupakan kereta api dengan kelas Argo tertua, kecepatan Argo Parahyangan rata-rata mencapai 55,3 Km/jam.

Argo Wilis: 58.25 Km/jam

Di atas Argo Parahyangan, ada Argo Wilis yang menempuh perjalanan dari Bandung-Surabaya PP. Perjalanan yang memakan waktu sekitar hampir 12 jam, rata-rata kecepatan yang dicapai Argo Wilis adalah 58,25 Km/jam.

Argo Dwipangga: 67.1 Km/jam

Kereta ini melayani perjalanan dari Gambir ke Solo Balapan PP. Dengan kecepatan rata-rata mencapai hampir 70 Km/jam, Argo Dwipangga dapat menyelesaikan perjalanan dengan total wakt sekitar 8,5 jam.

Argo Lawu: 67.1 Km/jam

Setara dengan Argo Dwipangga, Argo Lawu juga memiliki stasiun keberangkatan dan tujuan yang sama. Bedanya adalah Argo Lawu berangkat dari Gambir di malam hari dan kembali dari Solo esok paginya, sedangkan Argo Dwipangga kebalikannya.

Argo Sindoro: 76.6 Km/jam

Butuh transportasi cepat jalur darat dari Semarang ke Jakarta atau sebaliknya? Argo Sindoro salah satu opsinya, dengan waktu tempuh hanya sekitar 6 jam! Harganya juga relatif terjangkau, dengan biaya berkisar Rp 300 ribu.

Argo Muria: 76.6 Km/jam

“Hubungan” antara Argo Muria dengan Argo Sindoro sama dengan Argo Dwipangga dan Argo Lawu. Argo Muria juga menempuh rute Gambir ke Semarang Tawang PP, dengan keberangkatan pagi dari Gambir, lalu kembali dari Semarang sore harinya.

Argo Bromo Anggrek: 80.5 Km/jam

Inilah kereta api lawas yang sampai sekarang masih jadi kebanggaan Daop VIII Surabaya! Dengan rute Gambir ke Surabaya Pasar Turi PP, Argo Bromo Anggrek hanya butuh waktu perjalanan 9 jam!

Argo Jati: 139 Km/jam

Akhirnya tibalah kita ke kereta api dengan waktu tempuh tercepat. Dialah Argo Jati, yang mengantar penumpang dari Gambir ke Cirebon. Dengan waktu tempuh tak sampai 3 jam, Argo Jati jadi opsi menarik selain KA Cirebon Express.


Sumber: Kereta-Api.info, kai.id

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah jika sakit
  5. Hindari menyentuh wajah
  6. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga40%
Pilih SedihSedih5%
Pilih SenangSenang14%
Pilih Tak PeduliTak Peduli9%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi9%
Pilih TerpukauTerpukau24%
Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Pulau Pari Pantai Yang Indah Yang Di Kenal Dengan Pantai Pasir Perawan Sebelummnya

Pulau Pari Pantai Yang Indah Yang Di Kenal Dengan Pantai Pasir Perawan

Mengkonsumsi Kulit Jeruk Diklaim Dapat Menangkal Virus Corona Selanjutnya

Mengkonsumsi Kulit Jeruk Diklaim Dapat Menangkal Virus Corona

Aditya Jaya Iswara
@adityajoyo

Aditya Jaya Iswara

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.