Bangun Kemandirian Siswa dengan Budidaya Ikan di Sekolah

Bangun Kemandirian Siswa dengan Budidaya Ikan di Sekolah
info gambar utama

Indonesia adalah negara agraris dimana sebagian besar penduduknya memiliki mata pencaharian sebagai petani. Namun minat pera pemuda di bidang pertanian ataupun perikanan kian menurun. Mengapa?

Tentu karena dalam benak mereka menjadi petani ataupun perternak ikakn itu profesi yang kurang menjanjikan. Nah apa tugas kita agar kaula muda pun tetap bangga dengan profesi sebagai petani?

Salah satunya adalah dengan memberikan penjelasan tentang prospek dunia pertanian ataupun mengajari mereka bagaimana cara bertani yang menghasilkan. Dalam hal ini orang tua dirumah dan juga guru sangat berperan penting dalam kasus ini.

Di rumah misal mereka diajari bagaimana cara budidaya ikan, cara menanam dan lainnya. Daripada mereka harus bermain dengan hal yang kurang bermanfaat, ada baiknya kegiatan seperti ini dilakukan juga dirumah.

Di sekolah para guru selain mengajari bidang akademis, penanaman nilai nilai cinta pada profesi petani juga harus ditanamkan. Salah satunya misalkan dalam kegiatan ekstra kurikuler bukan hanya dalam segi kesinian atau lainnya. Namun bisa memasukkan program budidaya ikan didalamnya misalnya.

Selain untuk pengembangan minat siswa, hasil ikan tersebut nantinya akan dijual untuk memenuhi kebutuhan. Selain itu harus di berikan pengetahuan tentang pentingnya konsumsi ikan lokal yang jelas lebih segar dan sehat.

Prospek budidaya ikan sangat menjanjikan. Masyarakat membutuhkan makanan yang memiliki gizi yang baik. Makanan bergizi dapat diperoleh dari berbagai sumber salah satunya adalah dari ikan. Permintaan ikan disetiap daerah selalu meningkat. Budidaya ikan konsumsi sangat potensial.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)

Oleh karena itu, selain sebagai kegiatan siswa, jika dikembangkan secara serius itu bisa menjadi dana tambahan untuk sekolah untuk menunjang fasilitas misalnya.

Kegiatan semacam ini sangat besar manfaatnya. Baik bagi siswa ataupun sekolah.

Nah apa sih harapannya?

Harapannya dengan mereka mengetahui dan berkecimpung di dunia perikanan sejak dini, mereka akan tertarik atau mungkin menjadi pengusaha ikan nanti di kala besar. Selain itu mereka juga perlu diajarkan konsumsi ikan sejak dini karena kandungan gizinya yang sangat baik untuk otak.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

MH
VA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini