Paduan Suara Jakarta Youth Choir (JYC) mengharumkan nama bangsa dengan memenangkan lima penghargaan pada Festival Internazionale Chorus Inside Advent ke-34. Dikutip dari Kompas.com, ajang yang dihelat di Roma, Italia tersebut berlangsung pada tanggal 1-3 Desember 2018.

Negara lain yang mengikuti ajang paduan suara ini yakni Italia, Perancis, Kroasia, Amerika Serikat, Romania, Ghana, Rusia, dan Polandia.

Dibuka pada hari Sabtu, 2 Desember 2018, acara ini dilangsungkan di salah satu tempat bersejarah di kota Roma, Pantheon.

Davide Recchia, Presiden Chorus Inside International, mengaku kagum dengan penampilan JYC, mereka dapat merepresentasikan musik menjadi alat pemersatu berbagai negara dan kepercayaan, untuk menghasilkan suatu karya yang indah. Tak heran jika JYC mendapatkan predikat juara umum atau Grand Prix dengan nilai sempurna 30/30.

Selain Davide, para Dewan Juri lainnya yang terdiri dari Pasquale Veleno dari Italia, Giselle Elgarresta Rios (AS), dan Ines Kovacic Drndic (Kroasia) juga memberikan apresiasi kepada JYC.

Pada festival tersebut, paduan suara binaan Dinas Pemuda dan Olah Raga Pemprov DKI Jakartmeraih juara dalam kategori Folklore, Sacred, dan Mixed, Golden Diploma Kategori Musik dan Koreografi. Mereka juga mendapat sebuah penghargaan khusus yang ditujukan untuk Koreografi Terbaik dan Konduktor Terbaik, atas nama Septo Adi Kristanto Simanjuntak.

Mereka menyanyikan beberapa lagu daerah seperti Soleram, Jali-Jali, Toki Tifa, Hela Rotan, Bungong Jeumpa, dan Yamko Rambe Yamko. Selain lagu daerah, mereka juga menyanyikan lagu-lagu klasik O Nata Lux, Cantate Domino, dan Gloria Patri.

--

Sumber : Wartakota

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu