Mau Bikin Alun-Alun? Contohlah Alun-Alun Cianjur!

Mau Bikin Alun-Alun? Contohlah Alun-Alun Cianjur!
info gambar utama
  • Presiden Joko Widodo menyarankan agar alun-alun Cianjur menjadi model alun-alun percontohan nasional.
  • Pendapat tersebut ia ungkapkan dalam pidato peresmian alun-alun Cianjur.
  • Dengan dibukanya alun-alun Cianjur, kini alun-alun Bandung mendapat "kompetitor" berat sebagai alun-alun terindah.

Jumat (11/2) lalu, alun-alun Cianjur diresmikan oleh presiden Joko Widodo. Dalam pidatonya, presiden ke-7 Republik Indonesia tersebut menyampaikan bahwa alun-alun Cianjur layak jadi alun-alun percontohan di Indonesia.

“Ini akan menjadi inspirasi. Nanti, 514 kabupaten/kota yang ada di seluruh Indonesia, mau kita update sedikit-sedikit biar kayak alun-alun Cianjur,” ucap Jokowi, dikutip dari KOMPAS.com.

Usai dibuka dengan wajah barunya, alun-alun Cianjur langsung menarik perhatian masyarakat. Tak hanya warga Cianjur, tapi juga penduduk di sekitarnya. Pasalnya, alun-alun yang memakai rumput sintetis ini tak kalah cantiknya dengan alun-alun Bandung, bahkan lebih luas!

Dengan ikon kitab suci Al-Qur’an tepat di depan Masjid Agung Cianjur, membuat alun-alun Cianjur sangat bernuansa religi. Ditambah dengan ukiran huruf-huruf Arab di pintu masuk nan eksotis, jadilah alun-alun Cianjur sebagai salah satu alun-alun terindah di Jawa Barat, bahkan Indonesia.

Pintu masuk alun-alun Cianjur | Foto: Fabian Januarius Kuwado/KOMPAS
info gambar

“Sebenarnya, Jawa Barat sudah punya programnya, digagas pak Ridwan Kamil. Setiap kabupaten bikin alun-alun. Salah satunya di Tasikmalaya. Tapi bangga banget kalau alun-alun Cianjur jadi proyek percontohan nasional,” ujar salah seorang pengunjung, Deti Mega, dikutip dari KOMPAS.com.

“Kami sudah pernah berkunjung ke alun-alun Bandung, tapi tidak seluas alun-alun Cianjur yang dilengkapi dengan beberapa sarana penunjang seperti panggung pertunjukan terbuka serta kolam air mancur,” ucap pengunjung lain, Nursidik, menimpali.

Al-Qur'an raksasa di alun-alun Cianjur | Foto: Cianjur Ekspres
info gambar

Selain beragam fasilitas yang terdapat di sana, alun-alun Cianjur juga menyediakan banyak atraksi. Di antaranya anak-anak yang bermain gasing, egrang, dan kain sarung. Ada juga pertunjukan silat khas Sunda, di alun-alun dengan rumput sintetis bermotif seperti alun-alun Bandung ini.

“Saya sangat mengapresiasi pembangunan alun-alun Kabupaten Cianjur ini. Semoga berguna bagi ruang publik, ruang sosial, dan ruang demokrasi bagi masyarakat,” terang Jokowi, yang dalam tinjauannya ditemani gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Menteri-Sekretaris Negara, Pratikno, Koordinator Staf Khusus, Teten Masduki, dan Plt. Bupati Cianjur, Herman Suherman.


Sumber: KOMPAS Nasional, KOMPAS Regional, Detik.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini