Musim hujan di Indonesia, yang umumnya terjadi antara bulan November dan Maret, kadang-kadang bisa membuat seluruh rencana perjalanan gagal berantakan, karena curah hujan dapat menghalangi kegiatan di luar ruangan dan membuat pemandangan yang indah susah untuk dilihat.

Namun, ada beberapa tujuan yang mungkin lebih baik dikunjungi selama musim hujan, dengan cuaca yang memberikan sentuhan daya pikat ekstra.

Dikutip dari kompas.com, mereka yang berencana mengunjungi Yogyakarta selama musim hujan dapat mengunjungi Jurang Tembelan.

Terletak di desa Mangunan, ngarai ini berjarak sekitar 24 kilometer dari kota Yogyakarta, atau sekitar 1 jam perjalanan. Ini adalah situs populer yang juga dekat dengan tujuan lain, seperti Hutan Pinus Mangunan, Kebun Buah Mangunan, Bukit Panguk, dan Bukit Mojo.

Jurang Tembelan | Sumber: Shutterstock
Jurang Tembelan | Sumber: Shutterstock

Jurang Tembelan berada di atas bukit dan memiliki spot-spot untuk berfoto, termasuk pijakan untuk melihat yang menyerupai dek kapal yang memanjang dari tepi tebing.

Spot ini memberikan pemandangan panorama sisi kota Yogyakarta, dengan perbukitan hijau di sekitar area, serta sungai yang mengalir di bawah.

Musim hujan menjadi waktu yang istimewa untuk mengunjungi Jurang Tembelan karena membawa pesona tertentu ketika kabut dan awan datang bergulung.

Meskipun musim hujan biasanya dikaitkan dengan awan tebal yang menghalangi pemandangan, sensasi unik seolah berada di kapal dalam kondisi mendung menjadikan momennya seolah-olah berdiri di atas awan.

Pengunjung dapat menangkap pemandangan di dini hari selama musim hujan, ketika lapisan kabut muncul di lembah ngarai tersebut, kemudian memberi kesan melayang di atas sungai awan berkabut.


Sumber: Jakarta Post

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu