Beribu Pesona Pulau Pantara di Kepulauan Seribu

Beribu Pesona Pulau Pantara di Kepulauan Seribu
info gambar utama

Siapa yang tidak kenal dengan Kepulauan Seribu, terutama bagi anda yang tinggal atau berdomisili di daerah ibu kota Jakarta dan sekitarnya.

Kepulauan Seribu adalah tempat yang sangat indah dan mempesona untuk dikunjungi. Tempat ini merupakan salah satu tempat tujuan wisata yang mampu menghipnotis banyak wisatawan dengan keindahan dan daya tariknya yang sungguh luar biasa.

Pulau Seribu masih termasuk dalam wilayah kota provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta yang terdiri dari gugusan pulau-pulau kecil yang sangat banyak jumlahnya.

Kepulauan Seribu memang sudah terkenal sebagai salah satu tempat tujuan wisata di daerah Jakarta dan sekitarnya yang terbilang masih sangat alami dan terjaga keindahannya.

Selain itu di kepulauan tersebut juga banyak terdapat pulau-pulau yang kemudian dijadikan sebagai objek wisata. Salah satunya yang paling terkenal adalah Pulau Pantara.

Mengenal lebih dekat Pulau Pantara

Pulau Pantara memiliki pesona dan daya tarik tersendiri yang beda dari pulau-pulau lain di wilayah gugusan Kepulauan Seribu. Pulau ini sering juga disebut dengan nama Pulau Marine Resort dan dikenal juga sebagai mutiara dari utara Pulau Jawa, tepatnya di utara kota Jakarta.

Jika dilihat dari letaknya, Pulau Pantara adalah resort yang paling jauh dari Pelabuhan Marina Ancol dan merupakan tempat favorit banyak wisatawan baik lokal maupun asing.

Pulau ini terdiri dari dua pulau yaitu Pulau Pantara Barat dan Pulau Pantara Timur. Dulunya, kedua pulau tersebut dikelola oleh maskapai asing dan jika ada pengunjung atau tamu yang ingin mengunjungi kedua pulau ini, mereka bisa datang dengan kapal shuttle setiap 30 menit sekali.

Tetapi sekarang ini, Pulau Pantara baik Pulau Pantara Barat maupun Pulau Pantara Timur sudah dikelola oleh pemerintah Indonesia. Sayangnya, hanya Pulau Pantara Timur saja yang bisa dikunjungi, sedangkan Pulau Pantara barat sudah tidak dioperasikan lagi sebagai objek wisata.

Pada dasarnya Pulau Pantara sudah banyak dikenal luas karena keindahan alam dan pesona bawah laut yang dimilikinya. Oleh karena itulah banyak orang baik penduduk setempat maupun wisatawan yang mengenggap pulau tersebut sebagai resort terbaik yang ada dan pernah mereka kunjungi di Kepulauan Seribu. Mereka lantas menyebut Pulau Pantara sebagai ikon dari Kepulauan Seribu.

Keindahan panorama alam dan keindahan dunia bawah lautnya menjadi salah satu daya tarik terbesar Pulau Pantara yang sampai sekarang masih banyak diminati oleh pengunjung. Bahkan pesona keindahan tersebut tidak kalah jika dibandingkan dengan pesona keindahan dari pulau-pulau lain yang menjadi tempat tujuan wisata di Kepulauan Seribu.

Pulau ini memiliki air laut yang sangat jernih, dengan gradasi warna biru dan hijau yang cantik semakin menambah pesona keindahan air laut dari pulau ini. Bahkan karena air laut yang jernih tersebut, para wisatawan bisa secara langsung melihat berbagai ikan warna-warni yang sedang berenang di dalam airnya.

Selain itu pantai di Pulau Pantara juga memiliki pasir berwarna putih yang lembut dan bersih. Kemudian di sekeliling pantai juga terdapat berbagai macam karang laut yang tidak hanya menambah keindahan pantai Pulau Pantara, tetapi juga membuat ombak yang datang menjadi lebih tenang.

Bagi anda yang gemar berenang atau snorkeling, anda bisa sekaligus melihat keindahan dan keberagaman biota laut yang hidup di lautan Pulau Pantara seperti berbagai ikan-ikan kecil warna warni serta jajaran terumbu karang yang indah dan eksotis.

Keindahan inilah yang bisa membuat para wisatawan mendapat pengalaman liburan yang menyenangkan dan tak terlupakan. Dari situ kemudian banyak pula membuat wisatwan betah berlama-lama menghabiskan waktu untuk berwisata di Pulau Pantara.

Selain menikmati keindahan alam dan dunia bawah lautnya, anda juga bisa mengabadikan setiap momen yang anda alami di setiap sudut pulau ini. Karena anda pasti akan menemukan banyak tempat menakjubkan dan indah yang bisa anda foto atau bisa anda jadikan latar belakang foto anda.

Akses dan fasilitas di Pulau Pantara

Bila anda mengunjungi Pulau Pantara, anda tidak hanya bisa menikmati keindahan panorama alam dan bawah lautnya, tetapi juga bisa menikmati berbagai wahana dan bermacam-macam objek wisata yang ditawarkan di sana.

Anda bisa menikmati berenang di cottage yang bisa sekaligus anda sewa sebagai tempat untuk bermalam dan menginap di Pulau Pantara, atau anda juga bisa sekedar bermain air di pantainya.

Selain itu berjalan-jalan sekeliling pulau juga bisa menjadi salah satu momen liburan yang banyak disukai oleh wisatawan yang datang ke pulau ini.

Kemudian bagi anda yang suka dengan pengalaman liburan yang lebih asik dan unik, anda bisa mencoba untuk bermain banana boat, perahu kano, snorkeling, diving, juga scuba diving.

Peralatan dan wahananya sudah tersedia di sana, jadi anda hanya perlu menyewanya saja. Anda tidak perlu lagi khawatir tentang peralatan water sport yang dibutuhkan.

Selain itu juga terdapat banyak tempat yang romantis dan indah di pulau ini yang kemudian bisa dijadikan sebagai tempat berbulan madu bagi pasangan yang baru menikah atau pasangan kekasih yang ingin menikmati keindahan pulau.

Itulah sebabnya Pulau Pantara sering menjadi tujuan wisata favorit bagi pengunjung yang ingin sekedar menghabiskan waktu untuk berlibur dan berwisata, serta bagi mereka yang ingin menikmati waktu berdua dengan pasangannya.

Setelah puas menikmati segala macam wahana dan keindahan yang ada di Pulau Pantara, anda pasti akan merasa lapar. Saat itulah anda perlu mencari restoran atau kedai makan yang tersedian di pulau. Pastinya bagi anda pencinta makanan hidangan laut, anda bisa sepuasnya menikmati berbagai macam masakan hidangan laut yang menjadi ciri khas Pulau Pantara.

Bagi anda yang ingin lebih puas lagi menikmati segala keindahan pulau dan wahana yang tersedia, anda bisa menginap di penginapan atau cottage yang ada di pulau.

Fasilitas yang ada di penginapan atau cottage tersebut juga sudah lengkap dan nyaman untuk anda yang ingin menginap di sana. Selain itu harga sewa per malamnya juga bisa anda negosiasikan dengan pemilik tempat tersebut sesuai dengan budget anda. Jadi anda tidak perlu khawatir lagi jika ingin menghabiskan waktu dengan berwisata di Pulau Pantara ini.

Keindahan dan pesona Pulau Pantara adalah salah satu daya tarik yang jangan sampai terlewatkan oleh anda atau keluarga anda. Di sana anda bisa menghilangkan segala penat, bosan dan stress dari segala aktivitas dengan meluangkan waktu sejenak untuk berwisata ke pulau ini.

referensi sumber https://pulauseributraveling.com/paket-wisata-pulau-pantara/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

YM
AI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini