Buat kalian yang memiliki rencana berkunjung ke Jawa Barat mungkin dapat merencanakan kunjungan ke jembatan gantung yang disebut sebagai jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara.

Terletak di Taman Wisata Situ Gunung, yang merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, jembatan ini memiliki panjang 243 meter, lebar 1,2 meter, dan tinggi 107 meter.

Dinamai Situ Gunung Suspension Bridge, jembatan 80 ton yang terbuat dari kayu merbau secara resmi dibuka oleh Menteri Koordinator Kelautan Luhut Binsar Pandjaitan pada 9 Maret. Jembatan itu dibangun oleh PT Fontis Aqua Vivam bekerja sama dengan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, dengan proyek dimulai pada Mei 2017.

Terbuka untuk umum, jembatan ini dapat diakses dari 7:30 pagi hingga 5:30 sore dan menawarkan pemandangan hutan rimbun yang menakjubkan.

Menurut kompas.com, harga tiket mulai dari Rp 50.000 per orang dan pengunjung harus berjalan sekitar 600 meter untuk mencapai gerbang masuk.

Tiket masuk termasuk akses ke Danau Situ Gunung.

Tidak perlu takut, karena orang-orang yang ingin menyeberang jembatan dilengkapi dengan sabuk pengaman yang disediakan di gerbang masuk. Dilengkapi dengan pengait, ikat pinggang dapat dipasang ke pegangan jika terjadi turbulensi. Seorang anggota staf bersiaga di area tengah untuk membantu orang-orang menyeberangi jembatan.

Setelah mengunjungi jembatan gantung, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan mereka ke Curug Sawer (Air Terjun Sawer), yang berjarak 1 kilometer, atau menjelajahi tanah perkemahan dan ampiteater.


Sumber: Jakarta Post

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu