Si Orang Utan dari Bawah Laut

Si Orang Utan dari Bawah Laut

Kepiting orangutan © Sumber: Wikimedia Commons

Jika anda mengira bahwa orang utan di Indonesia, hanya berasal dari daratan Sumatera dan Kalimantan, itu tidak seluruhnya betul. Karena ada mahluk laut yang menyerupai orang utan. sehingga sering dinamai orang utan. Mahluk laut itu ialah orang utan crab, atau kepiting orang utan.

Kepiting orang utan | Foto : Wisuda

Kepiting orang utan (Achaeus japonicas) merupakan kepiting keluarga Inachidae atau kepiting laba-laba atau kepiting decorator yang mudah ditemukan di perairan tropis di pusat Indo-Pasifik.

Dengan besar karapas yang hanya sekitar 2 cm atau 0,8 inci diameter, ia memiliki lengan yang relatif lebih panjang, dan tebal serta ditutupi dengan bulu-bulu halus berwarna merah atau coklat kemerahan, seperti bulu orang utan. Bulunya itu sering dipenuhi dengan potongan-potongan kecil puing-puing untuk ber kamuflase atau menyamar. Kepiting orang utan juga sering, namun tidak selalu, ditemukan berhubungan dengan karang balon atau bubble coral Plerogyra sinuosa.

Makanan mereka adalah plankton-plankton yang melayang atau pun menempel pada karang inang tempat mereka berdiam. Kepiting orang utan ini pun adalah makanan utama dari ikan-ikan karang, sotong, dan gurita.

Kepiting orang utan yang termasuk keluarga kepiting laba-laba atau kepiting decorator | Foto : Wisuda
Kepiting orang utan | Foto: Wisuda


Sumber: Ditulis oleh Wisuda dan diposting ulang dari Mongabay Indonesia atas kerjasama dengan GNFI

Pilih BanggaBangga17%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang17%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau67%

Artikel ini dibuat oleh Tim Redaksi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Foto: Kepiting Porselen Si Rapuh Yang Mematikan Sebelummnya

Foto: Kepiting Porselen Si Rapuh Yang Mematikan

Nikmati Keseruan Wahana Permainan di Jakarta Fair 2019! Selanjutnya

Nikmati Keseruan Wahana Permainan di Jakarta Fair 2019!

0 Komentar

Beri Komentar