Burung Endemik Terancam Punah Ini Ditemukan Bersarang di TNGGP

Burung Endemik Terancam Punah Ini Ditemukan Bersarang di TNGGP
info gambar utama

Seekor elang Jawa, spesies raptor yang berada di ambang kepunahan, telah terlihat bersarang di dalam hutan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGPP) di Jawa Barat.

Sarang tersebut diperkirakan telah berumur sekitar 1 atau 2 minggu, kepala Area III TNGPP Dadang Suryana mengatakan seperti dikutip dari The Jakarta Post pada hari Sabtu.

Dadang mengatakan bahwa raptor induk dan sarangnya ditemukan oleh tim pemantauan yang terdiri dari petugas Kontrol Ekosistem Hutan, petugas Polisi Hutan TNGPP dan sukarelawan sipil, pada 13 April. Tim kembali beberapa hari kemudian untuk memastikan bahwa sarangnya baik-baik saja.

Tim pemantau harus menjaga jarak sambil memantau keluarga baru elang Jawa tersebut agar tidak mengganggu mereka, kata Dadang.

Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango | Sumber: Trover
info gambar

Burung elang Jawa adalah raptor endemik pulau Jawa. Spesies ini terdaftar dalam Daftar Merah Spesies Terancam Punah Internasional Union for Conservation of Nature (IUCN). Kementerian Lingkungan Hidup juga telah menyebut burung itu spesies yang dilindungi dan manajemen TNGPP telah menempatkan spesies tersebut dalam daftar prioritas untuk pemantauan ketat.

Menurut Dadang, TNGPP, yang menyebar di seluruh kabupaten Bogor dan Cianjur di Jawa Barat; Taman Nasional Gunung Halimun Salak, yang meliputi daerah di Bogor dan Sukabumi di Jawa Barat dan Lebak di Banten; dan tempat wisata Telaga Warna di Puncak, Bogor, adalah daerah bersarang yang penting bagi elang Jawa.


Sumber: Jakarta Post

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini