Garuda UNY Team Pecahkan Rekor Dunia

Garuda UNY Team Pecahkan Rekor Dunia

Mobil Garuda UNY Team (tengah) bersaing dengan peserta lainnya di Shell Eco-Marathon Asia 2019 © Garuda UNY Team

  • Di ajang Shell Eco-Marathon 2019, Garuda UNY Team sukses pecahkan rekor dunia.
  • Garuda UNY Team mendapat raihan sebesar 383 km/l.
  • Rekor ini juga dipecahkan oleh ITS Team Sapuangin.

Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional pada Kamis (2/5) lalu, Garuda UNY Team (GUT) berhasil menorehkan prestasi membanggakan di ajang Shell Eco-Marathon (SEM) 2019. Di perlombaan internasional tersebut, GUT dengan gemilang memecahkan rekor Asia dan dunia.

Hari tersebut merupakan hari penentuan kelolosan Drivers' World Championship Regional Asia 2019. Garuda UNY Team menyusun strategi untuk menghadapi race terakhir ini.

Taklimat rutin dilaksanakan pukul 9.00 waktu setempat, kemudian dilanjutkan dengan Technical Inspection untuk 9 kendaraan yang akan mengikuti Drivers' World Championship Regional Qualifier.

BACA JUGA: Garuda UNY Team dan Kiprah Membanggakan di Negeri Jiran

Pada saat itu para tim diberikan kesempatan untuk practice pada pukul 13.30 waktu Malaysia. Dari hasil yang diperoleh selama practice, tim langsung melakukan evaluasi dan perbaikan pada kendaraan.

Setelah melakukan race untuk penentuan lolos kualifikasi, pada tahap ini GUT mendapatkan posisi 4 setelah Nanyang University, ITS Team 5, dan ls-ht Vietnam. Meskipun begitu, GUT tetap bangga telah mencapai peningkatan dan meraih posisi kedua pada Urban Concept Competition.

Dalam kesempatan ini pula, UNY memecahkan rekor Asia, bahkan dunia. Garuda UNY Team mendapat raihan sebesar 383 km/l. Rekor ini juga dipecahkan oleh ITS Team Sapuangin.

“Alhamdulillah untuk kompetisi tahun ini, Garuda UNY Eco Team dan ITS Team Sapuangin kali ini dapat memecahkan rekor Asia dan Dunia,” ujar advisor GUT, Sutiman, M.T.

BACA JUGA: Si Cantik Anargya dengan Sejuta Pesona

Garuda UNY Team diberangkatkan ke Malaysia dalam rangka kompetisi Shell Eco-Marathon Asia 2019, pada Sabtu (27/4) lalu.

Kompetisi yang diadakan oleh Shell ini merupakan ajang yang menantang para mahasiswa untuk membuat mobil yang mampu mencapai garis finis dengan konsumsi bahan bakar yang efisien. Ajang ini digelar mulai tanggal 28 April hingga 2 Mei 2019.

Dalam kompetisi yang diadakan di Sepang International Circuit, Garuda UNY Team membawa mobil yang diberi nama UG-19. Selain mengikuti kompetisi on-track, pada tahun ini tim juga mengikuti kompetisi off-track, antara lain Safety Award, Vehicle Design Award dan Communication Award.

Pilih BanggaBangga96%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau4%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Ada Halal Park di Bandara Soetta. Apa Isinya? Sebelummnya

Ada Halal Park di Bandara Soetta. Apa Isinya?

Tetra Pak Dukung Terus Inovasi Kemasan Ramah Lingkungan Selanjutnya

Tetra Pak Dukung Terus Inovasi Kemasan Ramah Lingkungan

Aditya Jaya Iswara
@adityajoyo

Aditya Jaya Iswara

Tidak bisa masak tapi suka makan. Tidak bisa main bola tapi suka nonton bola.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.