Tujuh Street Food Indonesia yang Tak Lekang Waktu

Tujuh Street Food Indonesia yang Tak Lekang Waktu

Pisang goreng (sumber : www.happyfresh.id

Makanan yang sering dijual di pinggir jalan dan sekolahan seringkali membuat kita bernostalgia tentang kisah kita masa kecil. Kenikmatan makanannya masih terngiang dimemori otak kita. Dari dulu hingga sekarang kita juga masih bisa membeli jajanan-jajanan pinggir jalan (streetfood) yang dulunya menjadi primadona. Nah ini adalah delapan street food Indonesia yang tak lekang waktu hingga sekarang, mari bernostalgia.

1.Batagor

Batagor (sumber :liputan6.com

Makanan pinggir jalan satu ini termasuk primadonanya street food Indonesia,kudapan khas Sunda yang berasal dari Bakso dan Tahu yang digoreng ini memiliki tingkat kenikmatan yang tiada tara jika dimakan dengan sambel kacangnya. Keduanya tidak bisa dipisahkan antara batagor dan sambel kacangnya, ibarat sayur, tanpa garam. Konon, batagor sudah ada sejak tahun 1970-an dan masih menjadi makanan pilihan hingga kini.

2. Kue Leker

kue leker (sumber : Majalah Holiday)

Kue yang memiliki ciri khas kulitnya yang crispy dan diisi dengan pisang didalamnya ini bisa ditemui dimana saja. Adonan kulit kue leker ini terdiri dari tepung terigu, susu, gula dan air lalu dituangkan keatas wajan mini. Tak berapa lama kemudian penjual akan menaburkan potongan kecil pisang, coklat tabor, gula pasir dan tentunya susu kental manis. Setelahnya adonan ini dilipat menjadi setengah lingkaran dan segera bisa disantap. Street food khas Indonesia ini memiliki harga yang cukup murah sehingga semua orang bisa membelinya.

3. Kue Cubit

Kue Cubit (Sumber : Resep Makanan Indonesia)
Kue Cubit (Sumber : Resep Makanan Indonesia)

Makanan yang populer di Jakarta ini kini juga bisa ditemukan di mana saja. Kue berukuran kecil sekitar 4 cm saja. Jajanan yang dijual ole pedagang kaki lima di pinggir jalan, sekolah dan tempat-tempat umum ini kini merambah hingga kafe-kafe hingga mall. Kue ini terbuat dari adonan terigu dan susu lalu dimasukan dalam cetakan baja. Konon nama kue cubit berasal dari cara pedagang kue cubit yang mencubit-cubit kue tersebut menggunakan alat pencapit.

4. Martabak Manis

Martabak Manis Cokelat Keju (Sumber : Rancah Post)

Siapa yang tak kenal dengan martabak manis, makanan yang setia menemani malam bersama teman-teman ini selalu diunggulkan karena rasananya yang manis dan nikmat. Kini ada banyak varian rasa dari martabak manis, mulai dari martabak cokelat keju, martabak manis keju sampai sentuhan modern seperti rasa red velvet dan green tea.

5. Telur Gulung

Telur gulung (sumber : Craftlog.com)

Terlihat sederhana namun menyimpan banyak kenangan ketika kecil dan terbawa hingga dewasa kini. Telur gulung hanyalah telur yang digulung diatas minyak panas, tapi entah kenapa rasanya lebih enak ketika beli di tukang telur gulung ketimbang bikin sendiri. Namun yang pasti hingga kini banyak orang dewasa yang rindu dengan makanan jalanan ini.

6. Surabi

Surabi Durian Keju (sumber : Travel Kompas)

Surabi atau Serabi merupakan jajanan khas Indonesia, berasal dari kata "sura" yang berarti besar. Serabi konon telah menjadi idola semenjak tahun 1932. Makanan ini dibuat dari tepung beras atau terigu yang dibakar dengan menggunakan alat tradisional yaitu tungku dan cetakan dari tanah liat. Ada dua jenis serabi yakni serabi manis yang menggunakan kinca dan serabi asin. Serabi kini memiliki banyak pilihan rasa seperti rasa durian, serabi santan, serabi pandan dan serabi toping buah.

7. Gorengan

Gorengan pada dasarnya tahu, bakwan dan lain-lain. Banyak ditemui dipinggir jalan terutama menjelang maghrib. Streetfood yang satu ini selain murah, juga enak loh. Akan sulit di luar negeri untuk menemui gorengan, untuk itu banyak orang Indonesia yang di luar negeri juga merindukan gorengan. Rasa gorengan sebenarnya sangat bisa diterima oleh orang manca negara sehingga tak perlu khawatir jika kamu punya teman dari negara lain untuk mencoba gorengan.

Indonesia memiliki banyak makanan-makanan yang butuh waktu lama untuk bisa mencicipi semuanya, ketujuh makanan diatas hanya segelintir dari banyaknya aneka ragam kuliner Indonesia. Dari ketujuh makanan diatas, makanan favorit kamu yang mana?

Pilih BanggaBangga38%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang50%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau13%

Artikel ini dibuat oleh Tim Redaksi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Ini Hadiah Untuk Drupadi Setelah Memenangi AIA Women's League 2019 di London Sebelummnya

Ini Hadiah Untuk Drupadi Setelah Memenangi AIA Women's League 2019 di London

Pencapaian Misi Feedloop Yang Didanai East Ventures Selanjutnya

Pencapaian Misi Feedloop Yang Didanai East Ventures

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.