Bawa Produk Lokal Go Internasional, Bukalapak Hadirkan BukaGlobal

Bawa Produk Lokal Go Internasional, Bukalapak Hadirkan BukaGlobal
info gambar utama

Unicorn e-commerce besutan Achmad Zaky dan Fajrin Rasyid, Bukalapak menyediakan fitur bernama BukaGlobal. Lewat fitur itu, pelapak dapat mengekspor barang dagangannya ke luar negeri.

Adapun BukaGlobal baru bisa melayani pembeli di Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Hongkong, dan Taiwan. Kabarnya, fitur itu akan meluncur secara resmi pada Senin pekan depan.

"Jasa pengiriman BukaGlobal hanya berlaku satu arah dari Indonesia ke luar negeri (ekspor). Pengirman dari luar ke dalam negeri (impor) belum didukung oleh jasa pengiriman ini," tulis manajemen Bukalapak dalam posting-an blog resmi dikutip pada Jumat (17/5/2019) oleh Warta Ekonomi.

BukaGlobal. Foto: Kr-Asia
info gambar

Namun, untuk saat ini jasa pengiriman BukaGlobal pun baru dapat diaktifkan oleh pelapak tertentu. Posisi mereka pun harus berada di area Jakarta dan Tangerang. Meskipun begitu, jangkauannya mungkin akan diperluas ke wilayah lain, baik dari segi pelapak maupun pembelinya.

Fitur itu dapat diakses melalui situs dan aplikasi Bukalapak. Untuk bisa menggunakan layanan BukaGlobal ini, metode pembayaran yang tersedia adalah kartu kredit, kartu debit, dan collection point yang disediakan oleh local remittance agent. Pembayaran transaksi juga menggunakan mata uang rupiah.

Pembeli dapat mengakses fitur BukaGlobal melalui deretan menu di halaman utama Bukalapak. Lalu, pembeli dapat memilih negara yang akan menjadi tujuan pengiriman barang.

BukaGlobal. Foto: Bukalapak
info gambar

Untuk saat ini, aplikasi Bukalapak dan BukaGlobal hanya tersedia dalam Bahasa Indonesia sehingga dapat dikatakan BukaGlobal menargetkan warga negara Indonesia yang tinggal di luar negeri sebagai konsumen pertamanya.

Dilansir Tech in Asia dan KrAsia, BukaLapak merupakan perusahaan e-commerce asli Indonesia pertama yang memiliki layanan ekspor ke luar negeri, sementara kompetitor, seperti Tokopedia, masih fokus pada pasar domestik.

BukaGlobal akan diluncurkan di Singapura Senin pekan depan.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini