Inilah Tradisi Unik Idul Adha di Indonesia. Apa Saja? (Part 2)

Inilah Tradisi Unik Idul Adha di Indonesia. Apa Saja? (Part 2)

Travellink Indonesia

Perayaan Idul adha sudah di depan mata. Lebaran qurban selalu identik dengan penyembelihan hewan kurban, seperti sapi, kambing, kerbau, atau domba. Selain itu, ada ibadah-ibadah yang biasa dilakukan oleh umat muslim ketika memasuki hari raya ini, seperti ibadah haji, puasa arafah, sholat ied, dan lain sebagainya.

Namun ada pula tradisi unik khas Indonesia dalam menyambut Hari Raya Idul Adha. Tradisi-tradisi ini juga menjadi akulturasi budaya umat muslim dan budaya setempat.

Apa saja tradisi-tradisi itu? simak di bawah ini!

4. Kaul Negeri dan Abda'u, Maluku Tengah

Sumber : playworld.id

Warga Ambon ternyata juga memiliki tradisi unik untuk menyambut Lebaran Kurban. Mereka akan melakukan tradisi tersebut setelah melakukan shalat Idul Adha.

Sebelum menyembelih kambing, hewan kurban tersebut akan digendung oleh para pemuka adat dan agama setempat dengan menggunakan kain. Hewan kurban tersebut akan diarak menuju masjid dan diiringi takbir.


5. Toron, Madura

Sumber : Plat-m

Tidak jauh beda dengan idul Fitri, masyarakat Madura yang tinggal diluar Madura juga akan melakukan pulang kampung atau biasa mereka sebut "toron".
Toron memang bisa dilakukan kapan saja, tidak harus saat Lebaran.

Masyarakat Madura juga akan melakukan toron ketika ada sanak saudara yang meninggal, acara pernikahan hingga keberangkatan haji. Hal ini dapat menjaga silaturahmi antar saudara dan orang-orang Madura.

6. Meugang, Aceh

Caption

Meugang adalah tradisi masyarakat Aceh untuk memasak daging dan menikmatinya bersama keluarga, kerabat, dan juga para anak yatim piatu.

Tradisi khas Aceh ini sudah ada sejak jaman pimpinan Sultan Iskandar Muda. Tradisi Meugang akan dilakukan dua hari sebelum hari raya idul adha. Meugang dilakukan sebagai rasa syukur selama 11 bulan mencari nafkah.

Pada hari menjelang Meugang, harga daging akan lebih mahal dari biasanya, namun tidak semahal ketika Idul Fitri. Selain harga daging, harga bahan-bahan makanan lainnya terkadang juga mengalami peningkatan.

--

Diambil dari berbagai sumber

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Inilah Tradisi Unik Idul Adha di Indonesia. Apa Saja? Sebelummnya

Inilah Tradisi Unik Idul Adha di Indonesia. Apa Saja?

Namanya Siomay Bentuknya Cilok, Makanan apa itu? Selanjutnya

Namanya Siomay Bentuknya Cilok, Makanan apa itu?

Akhina Z
@fachrezy

Akhina Z

Writer

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.