Keindahan Danau Weekuri, Surga di Pelosok Sumba

Keindahan Danau Weekuri, Surga di Pelosok Sumba

Danau Weekuri Sumba | Foto : mytrip.co.id

Indonesia merupakan surganya tempat wisata alam, mulai dari gunung, laut, pantai, danau, hingga air terjun yang ada di negeri ini, hampir semua obyek wisata menawarkan pesonanya masing-masing.

Banyak sekali destinasi wisata alam yang bisa membuat pengunjung merasa terkagum-kagum akan keindahannya.

Sumba merupakan salah satu destinasi wisata favorit karena keindahan alamnya. Jika Kawan GNFI berlibur ke Sumba, jangan lewatkan untuk mengunjungi Danau Weekuri yang terletak di Desa Kalena Rongo, Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Danau Weekuri yang memiliki warna hijau kebiru-biruan ini merupakan danau yang sangat unik jika dibandingkan dengan danau-danau kebanyakan di Indonesia. Kenapa? karena kandungan air pada Danau Weekuri ini yaitu asin dan payau. Mengapa bisa asin?

Hal ini disebabkan karena sebetulnya danau ini terbentuk dari percikan air laut yang menembus batu karang sehingga membentuk sebuah laguna tersendiri. Nama Weekuri sendiri berasal dari bahasa Sumba yang mempunyai makna yaitu air percikan.

Keindahan Danau Weekuri | Foto : Pegipegi.com

Selain kadar airnya yang asin, uniknya lagi danau ini terdapat beberapa titik sumber air yang bisa membuat gradasi warna air di danau tersebut menjadi bervariatif, yaitu ada yang berwarna biru cerah, biru sedikit kehijau-hijauan bahkan ada pula yang rasanya hangat dan dingin. Keunikannya ini yang sangat jarang ditemukan pada danau-danau lainnya di Indonesia.

Air biru jernih sebening kaca dan keunikan-keunikan yang terdapat pada danau inilah yang menjadi daya tarik bagi para pengunjung. Saking bersihnya air danau tersebut, pengunjung bahkan bisa langsung melihat dasar danau hanya dengan mata telanjang. Keren bukan?

Selain airnya yang sangat jernih, kedalaman danau Weekuri sendiri pun tidak cukup dalam, sehingga sangat cocok digunakan para pengunjung untuk sekadar bermain air atau berenang.

Lokasi Danau Weekuri sendiri memang cukup tersembunyi karena ditutupi oleh hutan yang rindang, semak belukar, dan tebing karang, serta lokasi yang jauh dari keramaian kota membuat suasana di sekitar danau terasa sangat asri dan nyaman.

Jika Kawan GNFI ingin berkunjung ke sana, memang membutuhkan tenaga yang cukup ekstra, tetapi semua itu akan terbayar ketika sudah melihat secara langsung panorama alam yang ada di danau tersebut.

Tebing karang yang menjadi dinding pembatas antara Danau Weekuri dengan lautan lepas membuat tempat ini semakin terlihat seperti sebuah kolam raksasa. Dengan bibir danau yang dihiasi hamparan pasir putih serta batuan dan tumbuhan hijau pun turut mempercantik pemandangan danau tersebut.

Akses menuju lokasinya sendiri berjarak sekitar 60 km dari Tambolaka yang merupakan ibu kota Kabupaten Sumba Barat Daya, lokasi danau tersebut masih terbilang cukup sulit karena belum adanya transportasi umum dan lokasinya yang jauh dari perkotaan.

foto : Pinterest/Tukangjalan

Tidak hanya dapat menikmati Danau Weekuri saja, pengunjung juga dapat menikmati dan menjelajah keindahan danau dari ketinggian. Hanya dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak ke arah barat serta mengikuti bunyi deru ombak, pengunjung bisa menaiki bukit karang yang menjorok ke lautan lepas. Tapi ingat! harus tetap safety yah kawan-kawan, karena bebatuannya sangat lancip dan tajam.

Dari atas puncak bukit karang, pengunjung akan merasakan sensasi yang berbeda, panorama keindahan Danau Weekuri jauh lebih berbeda dan mempesona.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Danau Weekuri ini yaitu sekitar pukul 4 sore, karena pada sore hari matahari mulai condong ke barat, sehingga warna langitnya yang biru akan memantulkan cahaya ke danau tersebut, selain itu pengunjung dapat menikmati matahari terbenam dari atas puncak bukit karang.

Tidak ada fasilitas apapun yang terdapat di kawasan danau ini, maka dari itu sebaiknya pengunjung membawa bekal seperti makanan dan minuman, sehingga bisa disantap sambil menikmati sunset dan keindahan Danau Weekuri.

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung?


Catatan kaki: Indonesiakaya | Reservasi

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Gerhana Matahari Cincin akan Sambangi Indonesia pada Desember ini! Sebelummnya

Gerhana Matahari Cincin akan Sambangi Indonesia pada Desember ini!

Kuatkan Kompetensi di Era Revolusi Industri, Pemuda Tani Kolaborasi dengan UNDAR Selanjutnya

Kuatkan Kompetensi di Era Revolusi Industri, Pemuda Tani Kolaborasi dengan UNDAR

Asriyati .
@asriyati

Asriyati .

Hii Saya mahasiswi Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang lagi magang di Good News From Indonesia, bimbing aku yaa.. hehe

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.