Dan Ibukota Jawa Barat Pun Akan Berpindah Ke ....

Dan Ibukota Jawa Barat Pun Akan Berpindah Ke ....

Ilustrasi © Unsplash.com

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana mengikuti jejak Presiden Jokowi yang memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Emil, sapaan karib Ridwan, juga berencana memindahkan ibu kota Jabar dari Kota Bandung ke daerah lain.

Seperti dilansir oleh Detikcom, Kang Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil, menyatakan bahwa rencana tersebut telah mendapat persetujuan dari DPRD Jabar untuk dilakukan kajian. Hal itu berdasarkan paripurna terakhir DPRD periode 2019-2024.

Ia menuturkan alasan pemindahan ini tak berbeda dengan pemindahan ibu kota negara Jakarta ke Kaltim. Menurutnya Kota Bandung sudah tidak ideal lagi menjadi pusat pemerintahan Jabar.
"Pada dasarnya secara fisik Kota Bandung sama seperti Jakarta, sudah tidak cocok lagi melayani pusat pemerintahan. Contohnya kantor-kantor pemerintahan cekclok (terpisah) dan tidak produktif," ucapnya.

Pemprov Jawa Barat sendiri sedang mengkaji tiga wilayah yang berpeluang menjadi ibu kota provinsi yang baru. Ketiga wilayah tersebut yaitu Rebana (Cirebon, Patimban, Majalengka), Tegalluar (Kabupaten Bandung) dan Walini (Kabupaten Bandung Barat).

Segitiga Rebana | Tribun Jabar
Segitiga Rebana | Tribun Jabar

Kang Emil sendiri menyatakan bahwa semua kemungkinan terkait perpindahan ibu kota provinsi butuh kajian yang mendalam. Sehingga pihaknya akan menilai lokasi yang minim risiko, aksesibilitas, tingkat ekonomi, ketersediaan air dan lain-lain.

Selain itu, ada Kertajati yang diproyeksikan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) segitiga Rebana (Cirebon-Subang-Majalengka). Terlebih dengan adanya Bandara Kertajati atau pengembangan Aero City dan cukup dekat dengan Pelabuhan Patimban Subang.

Pilih BanggaBangga13%
Pilih SedihSedih9%
Pilih SenangSenang9%
Pilih Tak PeduliTak Peduli57%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau13%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Panen Gotong Royong di Green House My Darling Kampung Pulosari Sebelummnya

Panen Gotong Royong di Green House My Darling Kampung Pulosari

Indonesia dan Brunei (Mungkin) Saling Iri Selanjutnya

Indonesia dan Brunei (Mungkin) Saling Iri

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.