Ada apa dengan Bahasa Sunda?

Ada apa dengan Bahasa Sunda?

salah satu adat dari suku sunda © Blogkulo.com

Bahasa adalah sesuatu hal yang paling penting yang harus semua manusia miliki, Menurut Ferdinand De Saussure, pengertian bahasa adalah ciri pembeda yang paling menonjol karena dengan bahasa setiap kelompok sosial merasa dirinya sebagai kesatuan yang berbeda dari kelompok yang lain. Menurut Sudaryono, arti bahasa adalah sarana komunikasi yang efektif walaupun tidak sempurna sehingga ketidaksempurnaan bahasa sebagai sarana komunikasi menjadi salah satu sumber terjadinya kesalahpahaman.

Dari berbagai sumber disebutkan bahwa jumlah bahasa yang ada di dunia ini adalah sekitar 6000 – 7000 bahasa. Jumlah tersebut termasuk bahasa alami yaitu kata-kata dalam berbicara, dan juga bahasa isyarat serta bahasa yang menggunakan media lain seperti braille, bunyi siulan, tulisan grafis, dan lainnya.

Indonesia mejadi salah satu negara dengan bahasa terbanyak di dunia , dari ujung Sabang sampai Merauke, Indonesia memilik lebih dari 500 Bahasa yang beragam. Bangga dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia, tidak hanya adat dan budaya, suku, tapi juga bahasa yang sangat banyak dan beragam di setiap daerahnya.

Di daerah ujung barat pulau Jawa, tepatnya di Provinsi Banten, dan di daerah Provinsi Jawa Barat, ada beberapa bahasa yang unik, salah satunya ialah Sunda. Sebuah bahasa dari cabang Melayu-Polinesia dalam Rumpun bahasa Astronesia.

Bahasa ini dituturkan oleh setidaknya 42 juta orang dan merupakan bahasa Ibu dengan penutur terbanyak kedua di Indonesia setelah Bahasa Jawa.

Bahasa Sunda dituturkan di hampir seluruh provinsi Jawa Barat dan Banten, serta wilayah barat Jawa Tengah mulai dari Kali Brebes (Sungai Cipamali) di wilayah Kabupaten Brebes dan Kali Serayu (Sungai Cisarayu) di Kabupaten Cilacap, di sebagian kawasan Jakarta, serta di seluruh provinsi di Indonesia dan luar negeri yang menjadi daerah urbanisasi Suku Sunda.

Tari jaipong khas Sunda | Sumber: ibnuirfan12.blogspot.com

Bahasa Sunda terbilang bahasa yang unik, Bahasa Sunda memiliki logat yang berbeda-beda di setiap daerahnya, daerah Jawa Barat saja memiliki banyak logat, dan perbedaan kosa kata. Terutama dengan Provinsi Banten, yang notaben sedikit kasar. Di Kabupaten Lebak, tepatnya di Kecamatan Leuwi Damar, suku Baduy memakai bahasa Sunda kasar. Salah satu suku unik di indonesia, memakai bahasa yang sama seperti kalangan masyarakat lainnya.

Bahasa Sunda(kapital) begitu unik, juga memiliki sesuatu yang jarang diketahui orang banyak, orang Sunda biasa memakai bahasa Sunda sudah pasti susah untuk menyebutkan huruf (F) mereka pasti memakai huruf P bukan F. Lidah orang sunda disaat menyebutkan itu sulit.

Agar tidak melunturkan adat dan budaya terutama bahasa sering diadakan festival atau kegiatan lain, bertemakan “LESTARIKAN BUDAYA DAN BAHASA ASLI SUNDA”. Disekolah daerah Barat sana, pelajaran Bahasa Sunda juga diwajibkan di setiap sekolah umum, karena agar tidak hilang budaya leluhur.


Catatan kaki: bahasa sunda | Sunda banget | keunikan bahasa Sunda

Pilih BanggaBangga44%
Pilih SedihSedih11%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli22%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi11%
Pilih TerpukauTerpukau11%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Berita Hoaks dan Tayangan Masa Kini Sebelummnya

Berita Hoaks dan Tayangan Masa Kini

Indonesia dan Brunei (Mungkin) Saling Iri Selanjutnya

Indonesia dan Brunei (Mungkin) Saling Iri

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.