Destination of The Year: TTG Awards Asia 2019

Destination of The Year: TTG Awards Asia 2019
info gambar utama

Bukan untuk pertama kalinya Indonesia melalui sektor pariwisatanya mendapatkan pengakuan dunia. Kali ini melalui Bali. Pulau Dewata mendapat penghargaan sebagai Destination of the Year dalam ajang TTG Travel Awards 2019.

Penghargaan tersebut diberikan pada Ceremony & Gala Dinner di acara tahunan TTG Travel Awards Asia yang ke-30 yang dilangsungkan pada Kamis kemarin di Centara Grand at CentralWorld, Bangkok.

Tak hanya itu, Indonesia juga bawa pulang penghargaan Best Boutique Hotel yang dihadiahkan kepada Awarta Nusa Dua Resort & Villas. Sedangkan Mandarin Oriental Jakarta mendapat penghargaan Best City Hotel.

Menurut Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rizki Handayani, penghargaan ini semakin menaikkan level pariwisata Indonesia. Serta pengakuan kualitas pariwisata Indonesia di level Asia Pacific.

Pantai Suluban Bali | Sumber: Kintamani.id
info gambar

“TTG Awards bukan event sembarangn. Ini event yang sangat bergengsi. Khususnya buat dunia pariwisata. Event yang sangat konsisten. Buktinya, sudah 30 tahun dilaksanakan. Dan tahun ini, Pariwisata Indonesia mendapatkan sejumlah penghargaan,” papar Rizki, didampingi Ketua Tim Pemenangan Wonderful Indonesia Vita Datau.

Menurutnya, penghargaan ini membuat posisi pariwisata Indonesia akan semakin diperhitungkan dikancah internasional.

“Dengan penghargaan bergengsi ini, dunia akan semakin melek dengan kualitas pariwisata Indonesia. Mereka akan semakin aware. Dan kita dapat diperhitungkan di dunia sebagai The Rising Star dalam dunia kepariwisataan dunia,” tutur Rizki Handayani.

Menurut penuturan Rizki Handayani, TTG Travel Award didapatkan berdasarkan hasil voting. Kegiatan ini melibatkan Industri dan pengamat travel se Asia Pasifik. Survei dilakukan oleh TTG. Hasilnya, tidak hanya Kemenpar yang mendapat penghargaan.

Awarta Nusa Dua Resort & Villas | Sumber: Mister Aladin

Wanita yang akrab disapa Kiki itu menambahkan, penghargaan bergengsi yang diraih Bali membuat Kemenpar kian semangat mengembangkan 10 Destinasi Pariwisata yang disebut Bali Baru, yakni Danau Toba, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Pulau Seribu, Candi Borobudur, Mandalika, Gunung Bromo Tengger, Wakatobi, Labuan Bajo, dan Morotai.

“Sepuluh destinasi ini memiliki keindahan yang tidak kalah dari Bali. Pesonanya sama. Oleh karena itu kita akan menggenjotnya dan memperkenalkan jika Indonesia bukan hanya Bali. Banyak destinasi yang memiliki keindahan serupa,” paparnya.

Mandarin Oriental Jakarta | Sumber: Mandarin Oriental
info gambar

Namun, pemerintah juga fokus untuk menggenjot lima destinasi super prioritas. Yaitu Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika, dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Likupang.

“Untuk sementara, fokus pengembangan ada di lima destinasi super prioritas itu. Kita membenahi semua sektor sesuai instruksi Presiden Joko Widodo. Dari sisi aksesibilitas, kemudian infrastruktur, serta utilitas dasar yang harus siap tahun 2020,” terang Rizki Handayani.

Catatan kaki: Batam Pos

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini