Ini Kelomang

Ini Kelomang
info gambar utama

Jika kemarin menjelaskan tentang hewan siput, hari ini bertema yang hampir orang-orang mengatakan kebaran dari siput. Akan tetapi berbeda, karena ini Kelomang. Kelomang atau umang-umang, atau ada pula yang menerjemahkannya sebagai ketam pertapa atau kepiting pertapa, adalah krustasea dekapod dari superfamilia Paguroidea. Sebagian besar dari sekitar 1.100 spesies anggota Paguroidea memiliki perut asimetris, yang tersembunyi dalam cangkang siput laut yang telah kosong yang dibawa-bawa oleh hewan ini.

Kebanyakan spesies kelomang memiliki abdomen (perut) yang panjang dan bergelung bagai spiral, serta lunak lembut, tidak keras seperti abdomen krustasea lain yang terlindung cangkang terkalsifikasi. Abdomen yang telanjang dan rentan ini dilindungi dari serangan predator dengan memanfaatkan cangkang siput kosong yang dibawa-bawa oleh kelomang, cangkang siput itu dapat menyembunyikan seluruh tubuhnya apabila ditarik masuk.

Kelomang hias | sumber: hewanpedia.com
info gambar

Sebagian besar spesies bersifat akuatik dan hidup dalam berbagai kedalaman air asin, dari wilayah garis pantai dan perairan yang dangkal sampai ke dasar laut dalam. Di daerah tropis terdapat beberapa spesies kelomang yang hidup di darat meskipun begitu, mereka memiliki larva akuatik dan karena itu memerlukan akses ke air untuk bereproduksi, kebanyakan kelomang aktif di malam hari.

Sebagian besar spesies memiliki perut spiral melengkung yang panjang dan lembut, tidak seperti kalsifikasi perut keras yang terlihat pada krustasea terkait. Perut rentan dilindungi dari predator oleh cangkang kerang kosong yang dibawa oleh kepiting ini. Kelomang sering menggunakan cangkang siput laut, meskipun ia juga menggunakan banyak benda yang tidak lazim digunakan oleh hewan sebagai rumahnya, seperti botol, rumput, batu, bulu babi, ataupun anemon.

Banyak orang salah kaprah mengartikan kelomang sebagai keong, padahal itu adalah dua hewan yang berbeda. keong dalam kamus bahasa indonesia, berarti hewan lunak berkaki perut, dan bercangkang tunggal, atau gastropoda. Kelomang bukanlah hewan lunak berkaki perut.

Hermit crab atau kepiting pertapa sering dibedakan speciesnya berdasarkan rumah yang dibawanya. Dan keunikan serta warna warni cangkang kelomang membuatnya sering dijadikan hewan peliharaan. Bahkan sudah diperjualbelikan dengan harga yang cukup mahal.

Rebutan rumah yang lebih bagus | sumber: kaskus.co.id
info gambar

Beberapa spesies kepiting pertapa, baik darat dan laut, menggunakan rantai lowong untuk menemukan cangkang baru: ketika cangkang baru yang lebih besar telah tersedia, kepiting pertapa berkumpul di sekitarnya dan membentuk semacam antrian dari terbesar ke terkecil. Ketika kepiting terbesar berpindah ke cangkang baru, kepiting terbesar kedua pindah ke cangkang yang baru dikosongkan, sehingga membuat cangkang sebelumnya tersedia untuk kepiting ketiga, dan seterusnya.

Akan tetapi di samping itu, kelomang sering pula terlihat mengeroyok individu lain sejenisnya, yang dianggap memiliki rumah yang lebih bagus dan memaksa individu itu untuk melepaskan cangkangnya; sebelum kemudian saling bersaing untuk memperebutkannya sampai salah satu individu yang lebih kuat dapat menguasai cangkang rampasan itu.


Catatan kaki: Kelomang | Perbedaan siput dan kelomang

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini