Berbagai Manfaat Dari Daun Pepaya

Berbagai Manfaat Dari Daun Pepaya
info gambar utama

Pepaya memang sangatlah digemari oleh masyarakat Indonesia. Buah pepaya sendiri memiliki berbagai macam manfaat salah satunya bisa melancarkan pencernaan. Pepaya memang dikenal akan rasanya yang sangat manis dan enak. Warnanya yang orange membuat ketertarikan sendiri. Tetapi, ada manfaat lain selain buah pepaya loh kawan GNFI. Bagaian lain itu adalah daun pepaya itu sendiri. Daun yang mempunyai bentuk seperti tangan manusia tersebut memiliki berbagai manfaat yang banyak sekali untuk kesehatan terutama bagi wanita.

Memang daun pepaya memiliki rasa yang pahit. rasa pahit itulah yang sering dihindari oleh kebanyakan orang. Tetapi, dibalik rasa pahit daun pepaya menyimpan berbagai macam manfaat. Daun pepaya sendiri memiliki kandungan senyawa aktif yang memiliki efek yang sangat baik bagi tubuh diantaranya vitamin B1, A dan C. Tak hanya itu daun pepaya sendiri memiliki kandungan gizi yang sangat baik bagi tubuh seperti vitamin A 18250 SI, vitamin BI 0, 15 miligram per 100 gram, vitamin C 140 miligram per 100 gram daun pepaya, kalori 79 kal per 100 gram, protein 8,0 gram per 100 gram, lemak 2,0 gram per 100 gram, kalsium 353 miligram per 100 gram, hidrat arang/karbohidrat 11,9 gram per 100 gram, dan air 75,4 gram per 100 gram.

Di dalam rasa pahit yang dimiliki daun pepaya ada zat yang bersifat stomakik yang memberikan rasa pahit pada daun pepaya dan berfungsi sebagai penigkatan nafsu makan. Tak hanya itu berbagai macam manfaat daun pepaya juga bisa menjadi solusi kesehatan bagi wanita loh dikutip dari Liputan6.com ini berbagai macam manfaat daun pepaya untuk kesehatan wanita.

1. Meredakan Kram Saat Menstruasi

Pada saat menstruasi wanita kerap mengalami nyeri pada bagian perutnya hal ini bisa diatasi dengan daun pepaya. Caranya dengan merebus daun pepaya dan ditaburi garam setelah mendidih campurkan asam jawa. Kemudian saring hingga keluar sari-sarinya. Dengan ramuan ini dapat mengatasi nyeri pada haid dan mempercepat reaksi yang diberikan. Untuk mendapatkan hasil yang optimal minumlah ramuan ini hingga beberapa kali dalam sehari.

Sumber | Parenting orami
info gambar

2. Melancarkan Asi

Untuk para ibu yang sedang menyusui hendaklah minum pendamping vitamin supaya asi yang dikeluarkan lancar. Daun pepaya dapat melancarkan asi pada ibu. tak harus diolah menjadi ramuan jamu tetapi, daun pepaya yang dijadikan sebaagai vitamin kelancaran asi dapat diolah menjadi makanan ringan tetapi dengan cara pengolahan yang tepat supaya rasa pahit yang terkandung dalam daun pepaya hilang.

Sumber | Sayanganak
info gambar

3. Sembuhkan Penyakit Demam Berdarah

Daun pepaya juga bisa dijadikan obat bagi yang menderita demam berdarah. Karena, didalam daun pepaya terdapat kandungan antimalaria yang bisa menyembuhkan penyakit demam berdarah. Caranya dengan merebus 5 lembar daun pepaya lalu tiriskan hingga dingin. Minumlah sari-sari daun pepaya yang sudah dingin tersebut.

Sumber | Klikdokter
info gambar

4. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Mengkonsumsi daun pepaya juga dapat membantu memparbaiki sistem pencernaan dalam tubuh kita. Daun pepaya terdapat zat karpain yang dapat membantu sistem pencernaan. Fungsi zat karpain sendiri yaitu menghancurkan mikroorganisme jahat dalam tubuh yang mengganggu pencernaan.

Sumber | Quipper
info gambar

5. Mencegah Resiko Penyakit Kanker

Penyakit kanker memanglah sangat menakutkan bagi semua orang. Tetapi, kanker dapat dicegah dengan mengkonsumsi daun pepaya. Daun pepaya memiliki zat antioksidan yang sangat tinggi untuk mencegah penyakit kanker dan fungsi dari zat antioksidan sendiri yaitu menangkal radikal bebas yang terdapat dalam tubuh.

Sumber | Parentingorami
info gambar

6. Mencegah Timbulnya Jerawat

Jerawat memanglah sangat mengganggu apalagi dikalangan kaum hawa. Tetapi, kawan GNFI tak perlu khawatir timbulnya jerawat bisa diobati dengan daun pepaya. Caranya yaitu blender daun pepaya dan air hingga menjadi pasta lalu oleskan masker daun pepaya ke bagian muka tunggu 15 menit lalu bilas dengan air.

Sumber | Singapore Guidebook
info gambar

Catatan Kaki: Liputan 6

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini