Sate Bebek Dari Cilegon

Sate Bebek Dari Cilegon
info gambar utama

Salah satu kuliner khas Indonesia adalah sate, biasanya hanya daging ayam, sapi, atau kambing saja yang diolah menjadi sate. Akan tetapi di Cibeber, Cilegon, Banten yang disajikan justru sate bebek. Rasanya nikmat, gurih, juga pedas sehingga sajian ini selalu diburu wisatawan yang tengah pelesir ke Cilegon. Meskipun daging bebek dikenal alot, tapi saat diolah menjadi sate justru malah empuk. Sate Bebek ini rasanya seperti sate kambing, hanya dagingnya lebih tipis dan lebih kenyal, namun tetap lembut dan empuk.

Daging bebeknya memang diiris berukuran sedang. Lalu dibumbui hingga meresap. Bumbu yang digunakan adalah bawang merah, bawang putih, gula merah, cabai, ketumbar, kunyit, kemiri, lengkuas, garam, serta merica. Inilah bumbu rahasia yang membuat wisatawan selalu terkesan akan rasanya. Agar daging bebek terasa empuk dan bau amisnya hilang, potongan daging bebek harus direndam dalam bumbu selama kurang lebih satu hari baru bisa dibakar.

sate bebek bumbu kacang | sumber: travelingyuk.com
info gambar

Berbeda dari sate lainnya, Sate bebek Cibeber sudah tak perlu lagi diberi bumbu kecap atau kacang. Namun jangan salah, meski tak memakai bumbu kecap atau kacang, cita rasa Sate Bebek tak kalah dengan sate lainnya. Tapi jika ada yang menginginkan bumbu kecap atau kacang sebagai pelengkap Sate Bebek Cibeber, biasanya di tempat penjual Sate Bebek Cibeber menyediakan bumbu tersebut, sesuai dengan permintaan konsumen.

Namun yang membuat sate ini rasanya luar biasa adalah bumbu yang menyelimuti dagingnya. Ketika sate terhidang Anda masih dapat melihat biji-biji cabai menempel pada daging satenya. Saat suapan pertama Anda akan merasakan sensasi pedas dari Sate Bebek ditambah rasa gurih dari bumbu rempah yang begitu meresap ke daging.

Rasa khas racikan bumbu terasa gurih, manis, sedikit pedas bercampur menjadi satu menghasilkan cipta rasa yang begitu membekas di mulut. Bumbu kecap nya juga sangat sedap. Tak ada bau atau rasa amis ketika menyantap nya. Sate Bebek ini hanya dapat disajikan setelah jam 4 sore, dikarenakan proses perendaman daging ke bumbu yang memang butuh waktu panjang supaya bumbu meresap sempurna dan citarasa sate bebek tetap terjaga.

Salah satunya adalahSate Bebek Asmawi di Warung Sate dan Sop Asmawi JL Jenderal Ahmad Yani, Kecamatan Cilegon, Banten. Warung nya bukan warung kaki lima, tempat nya di sebuah bangunan sederhana namun sangat ramai dikunjungi para penikmatnya. Ternyata Warung Makan Asmawi tidak hanya menjual menu Sate Bebek saja melainkan ada menu pilihan lain nya seperti sate dan sop dari daging ayam, sapi dan kambing. Sate Asmawi ini lokasinya ada di pinggir jalan raya, sehingga sangat mudah untuk di cari meskipun hari sudah menjelang malam.

sate bebek Asmawi | sumber:agustsays.com
info gambar

Ternyata, semakin malam, Warung Asmawi ini semakin ramai. Sate Bebek ini per porsinya diberikan sekitar 10 tusuk dengan harga Rp. 18.000, sate dihidangkan dengan irisan cabe rawit dan bawang merah yang membuat rasanya semakin lengkap. Sedangkan untuk harga sopnya hanya Rp. 15.000 saja.

Catatan kaki:

mencicipi sate bebek | gurih dan empuknya sate bebek | sate bebek asmawi

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini