Ragam Olahan Lidah Buaya yang Lezat dan Begizi

Ragam Olahan Lidah Buaya yang Lezat dan Begizi
info gambar utama

Tumbuhan yang satu ini menyimpan banyak manfaat yang luar biasa. Sejak ribuan tahun lalu, lidah buaya dipakai sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan perawatan kulit.

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, lidah buaya juga digunakan menjadi sebuah bahan baku untuk industri farmasi dan kosmetik. Selain itu, lidah buaya dapat dijadikan sebagai bahan makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan.

Lidah buaya mengandum zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida, serta komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Nah, kali ini kita akan melihat beberapa olah yang bisa dibuat dari lidah buaya. Yuk simak ulasannya.

Ice Cube Aloe Vera

Es batu lidah buaya yang segar dan bergizi | Foto: IDNtimes
info gambar

Mari kita mulai dengan sajian yang sederhana, Kawan GNFI bisa mengolah lidah buaya menjadi es batu, namun tentu saja berbeda dengan es batu kebanyakan. Sensasi segar akan sangat terasa berkat campuran daun mint di dalamnya.

Cara membuat es batu lidah buaya tentu saja cukup mudah. Daging lidah buaya bisa dicampur dengan nata de coco dan daun mint sebelum dibekukan menjadi es batu. Es batu ini bisa dicampur dengan berbagai minuman dan olahan lain.

Aloe Vera Smoothies

Aloe Vera Smoothies | Foto: IDNtimes
info gambar

Kawan GNFI bisa juga mengolah lidah buaya menjadi smoothies sehat yang mengenyangkan perut. Dengan mencampur lidah buaya dengan susu dan biji selasih. Aloe vera smoothies dijamin akan membuat Kawan GNFI ketagihan. Dengan tambahan stroberi atau bahan lainnya, smoothies lidah buaya bisa menjadi hidangan yang bergizi untuk kita konsumsi.

Aloe Vera Salad

Aloe Vera Salad | Foto: IDNtimes
info gambar

Salad selalu menjadi makanan favorit di banyak tempat, saat ini sudah banyak hadir berbagai varian salad seperti salad buah, sayur dan lain-lain. Salad lidah buaya yang sekilas mirip dengan asinan ini terdiri dari udang, timun, wortel, dan tentunya saus sesuai dengan selera pribadi masing-masing.

Aloe Vera Raindrop Cake

Foto: IDNtimes
info gambar

Beralih ke dessert yaitu Aloe Vera Raindrop Cake yang harus kalian cicipi. Dessert atau makanan penutup ini merupakan makanan sajian khas orang Jepang. Hidangan ini terbuat daru agar-agar yang diberi saus gula merah dan bubuk kacang. Tambahan potongan daging lidah buaya dalam agar-agar tersebut akan memunculkan sensasi rasa lezat sekaligus bergizi.

Traditional Chines Aloe Vera Soup

Tradisional Chines Aloe Vera | Foto: IDNtimes
info gambar

Beralih ke sajian dari Negeri Tirai Bambu, kali ini aloe vera disajikan dalam bentuk sup tradisional yang kaya akan rempah. Di China, hidangan ini sudah menjadi menu makanan harian. Rempah dan isian yang ada di dalamnya umumnya terdiri dari aloe vera, kacang, dan biji-bijian.

Aloe Vera Bites

Aloe Vera Bites | Foto: IDNtimes
info gambar

Jika Kawan GNFI menyukai cita rasa dan tekstur asli lidah buaya yang kenyal dan bikin tenggorokan adem, aloe vera bites cocok untuk menjadi pilihan kalian. Olahan lidah buaya alami dan tidak banyak modifikasi ini paling enak dijadikan es sebagai sajian saat berbuka puasa. Kalian juga bisa menambah sirup sesuai selera yang diinginkan.

Menarik bukan sajian olahan aloe vera di atas? Semoga dapat menginspirasi Kawan GNFI yang penasaran. Selamat mencoba!


Catatan kaki: PesonaIndonesia | IDNtimes

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

A.
AI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini