Kotagede Yogyakarta Wakili Indonesia dalam Daftar Kota Terindah di Asia

Kotagede Yogyakarta Wakili Indonesia dalam Daftar Kota Terindah di Asia
info gambar utama

Salah satu wilayah di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masuk dalam daftar Kota Terindah di Asia versi CNN Internasional. Daerah tersebut bernama Kotegede, salah satu kecamatan di wilayah Kota Yogyakarta. Berdasarkan situs berita asal Amerika tersebut, Kotegede merupakan salah satu wilayah tertua di Yogyakarta yang dikenal sebagai daerah pengrajin perak, gang-gang kecil yang indah serta gaya arsitekturnya yang fotogenik. Gaya arsitektur yang dimaksud yakni gaya arsitektur dari bangunan-bangunan yang ada di Kotegede menggabungkan gaya arsitektur Kolonial Belanda dan tradisional Jawa sehingga memberi kesan yang berbeda.

Selain itu, CNN Internasional juga menyebutkan bahwa tata ruang yang indah di Kotegede tersebut dapat diketahui semenjak abad ke 15 masehi yang mana, saat itu Kotegede berada di bawah Kesultanan Mataram Islam. Kotegede pernah menjadi salah satu daerah penting pada masa Kesultanan Mataram Islam, oleh sebab itu terdapat banyak situs sejarah dan peninggalan-peninggalan dari jaman Kesultanan Mataram Islam di Kotegede. Salah satu peninggalan tersebut yakni berada di kompleks Masjid Besar Mataram yang dibangun sejak awal Kesultanan Mataram Islam. Hingga kini, Masjid Besar Mataram masih digunakan sebagai tempat ibadah umat Islam dan juga digunakan sebagai cagar budaya.

Masjid Besar Mataram | Foto : Wonderful Image
info gambar

Hal-hal yang menjadikan Kotegede masuk dalam daftar Kota Terindah di Asia versi CNN Internasional juga adalah karena Kotegede dikenal sebagai daerah penghasil kerajinan perak yang terdapat di Jalan Kemasan. Bangunan-bangunan yang dulunya digunakan sebagai tempat industri perak memiliki gaya arsitektur Kalang atau perpaduan antara gaya arsitektur Kolonial Belanda dengan gaya Jawa Klasik. Oleh sebab itu, bangunan-bangunan tersebut menjadi salah satu latar foto yang digemari oleh wisatawan.

Selain Kotegede yang mewakili Indonesia dalam daftar Kota Terindah di Asia versi CNN Internasional, di bawah ini adalah 13 nama kota sebagai Kota Terindah di Asia versi CNN Internasional. Dalam daftar di bawah ini, urutan angka bukanlah prioritas atau tolak ukur peringkat, yang artinya, setiap kota yang ada di dalam daftar memiliki kategori keindahan sendiri yang berbeda dengan kota-kota lainnya.

Rumah Kalang, salah satu ikon Kotagede | Foto : starjogja.com
info gambar

  1. Hoi An, Vietnam
  2. Yufuin, Jepang
  3. George Town, Malaysia
  4. City Of Vigan, Filipina
  5. Luang Prabang, Laos
  6. Kampot, Kamboja
  7. Kotegede, Indonesia
  8. Galle, Sri Lanka
  9. Zhouzhuang, China
  10. Mawlynnong, India
  11. Ghandruk, Nepal
  12. Sai Kung, Hongkong
  13. Phuket Town, Thailand


Catatan kaki: kumparan | Kompas

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Widhi Luthfi lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Widhi Luthfi.

Terima kasih telah membaca sampai di sini