Harga Paket Internet Indonesia Bukan yang Tertinggi di Dunia, Tapi...

Harga Paket Internet Indonesia Bukan yang Tertinggi di Dunia, Tapi...
info gambar utama
  • Menyelisik perbandingan harga paket internet di Indonesia dan negara-negara di Indonesia.
  • Harga paket internet di Indonesia ternyata bukan yang tertinggi.
  • Tapi, kecepatan akses internetnya sangat rendah.

Perdebatan tentang murah tidaknya harga internet di Indonesia tak jarang terjadi. Biasanya, yang dipermasalahkan adalah harganya yang mahal dan tidak sebanding dengan kecepatan yang didapat.

Tapi, apakah harga internet di Indonesia memang semahal yang dikira masyarakat? Bagaimana perbandingannya dengan negara-negara lain?

Hasil riset dari picodi.com menyebutkan bahwa ternyata, harga internet di Indonesia bukan yang tertinggi di dunia. Penghitungan dilakukan dari rata-rata harga paket 100Mbps yang ditampilkan di situsweb penyedia layanan internet, dan khusus paket rumahan unlimited tanpa paket televisi atau telepon.

Dari 55 negara yang menjadi sampel, Indonesia berada di urutan ke-19. Rerata harga paket 100Mbps internet adalah USD44,57, atau setara dengan Rp623.770. Kemudian rata-rata harga 1Mbps-nya adalah USD0,45 atau senilai Rp6.300.

BACA JUGA: Mewujudkan Pembelajaran Revolusi Digital 4.0 di Indonesia

Harga ini jauh lebih murah dari Afrika Selatan yang menempati posisi teratas. Untuk menikmati paket internet 100Mbps, masyarakat di sana harus merogoh kocek sedalam USD87,24 atau Rp1,2 juta!

Banderol tersebut bahkan berselisih banyak dengan Islandia di peringkat dua, yang harga paketnya USD69,05 atau sekitar Rp966 ribu.

Sumber: Picodi.com
info gambar

Akan tetapi, harga paket internet di Indonesia adalah yang tertinggi di Asia Tenggara. Dari data yang dihimpun picodi.com, Malaysia dan Thailand memiliki harga internet yang lebih murah. Di Negeri Jiran dibanderol USD29,08 (Rp407 ribu), sedangkan di Negeri Gajah Putih dihargai USD20,23 (Rp283 ribu) untuk paket 100Mbps.

Kemudian, kabar kurang mengenakkan lainnya datang dari kecepatan akses internet. Picodi.com melakukan tes, berapa kecepatan internet yang bisa didapat dengan uang USD20 (Rp280 ribu) sebulan?

Hasilnya, didapat fakta bahwa di Indonesia dengan fulus segitu hanya mendapat kecepatan maksimal 20Mbps. Indonesia berada di papan bawah, tepatnya urutan ke-30 dari 37 negara.

Pemimpin klasemen kecepatan internet ini dipegang enam negara, yakni Hongaria, India, Latvia, Moldova, Romania, dan Ukraina. Di sana, dengan duit Rp280ribu warganya bisa mendapat kecepatan hingga 1Gbps. Wow! Jutaan orang mungkin baru menyadari sekarang.

Sumber: picodi.com
info gambar

BACA JUGA: Berbagai Manfaat Palapa Ring untuk UKM

Seberapa cepat 1Gbps itu? Untuk mengunduh file 1GB, hanya perlu waktu 8 detik! Hmm... kalau buat download lagu di stafaband.info bisa dapat berapa album ya?

1Gbps saat ini adalah kecepatan internet tertinggi di dunia. Hanya 44 negara yang menyediakannya, dan di 24 negara harga bulanannya melebihi USD50 (Rp700 ribu).

Harga tertingginya ada di Austria (USD220 atau Rp3 juta), dan Australia (USD231 atau Rp3,2 juta). Lalu yang termurah dimiliki Romania (USD9 atau Rp126 ribu).

Berniat pindah ke Romania, ghaes?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini