Harga Paket Internet Indonesia Bukan yang Tertinggi di Dunia, Tapi...

Harga Paket Internet Indonesia Bukan yang Tertinggi di Dunia, Tapi...

Ilustrasi internet © Leon Seibert/Unsplash

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

  • Menyelisik perbandingan harga paket internet di Indonesia dan negara-negara di Indonesia.
  • Harga paket internet di Indonesia ternyata bukan yang tertinggi.
  • Tapi, kecepatan akses internetnya sangat rendah.

Perdebatan tentang murah tidaknya harga internet di Indonesia tak jarang terjadi. Biasanya, yang dipermasalahkan adalah harganya yang mahal dan tidak sebanding dengan kecepatan yang didapat.

Tapi, apakah harga internet di Indonesia memang semahal yang dikira masyarakat? Bagaimana perbandingannya dengan negara-negara lain?

Hasil riset dari picodi.com menyebutkan bahwa ternyata, harga internet di Indonesia bukan yang tertinggi di dunia. Penghitungan dilakukan dari rata-rata harga paket 100Mbps yang ditampilkan di situsweb penyedia layanan internet, dan khusus paket rumahan unlimited tanpa paket televisi atau telepon.

Dari 55 negara yang menjadi sampel, Indonesia berada di urutan ke-19. Rerata harga paket 100Mbps internet adalah USD44,57, atau setara dengan Rp623.770. Kemudian rata-rata harga 1Mbps-nya adalah USD0,45 atau senilai Rp6.300.

BACA JUGA: Mewujudkan Pembelajaran Revolusi Digital 4.0 di Indonesia

Harga ini jauh lebih murah dari Afrika Selatan yang menempati posisi teratas. Untuk menikmati paket internet 100Mbps, masyarakat di sana harus merogoh kocek sedalam USD87,24 atau Rp1,2 juta!

Banderol tersebut bahkan berselisih banyak dengan Islandia di peringkat dua, yang harga paketnya USD69,05 atau sekitar Rp966 ribu.

Sumber: Picodi.com

Akan tetapi, harga paket internet di Indonesia adalah yang tertinggi di Asia Tenggara. Dari data yang dihimpun picodi.com, Malaysia dan Thailand memiliki harga internet yang lebih murah. Di Negeri Jiran dibanderol USD29,08 (Rp407 ribu), sedangkan di Negeri Gajah Putih dihargai USD20,23 (Rp283 ribu) untuk paket 100Mbps.

Kemudian, kabar kurang mengenakkan lainnya datang dari kecepatan akses internet. Picodi.com melakukan tes, berapa kecepatan internet yang bisa didapat dengan uang USD20 (Rp280 ribu) sebulan?

Hasilnya, didapat fakta bahwa di Indonesia dengan fulus segitu hanya mendapat kecepatan maksimal 20Mbps. Indonesia berada di papan bawah, tepatnya urutan ke-30 dari 37 negara.

Pemimpin klasemen kecepatan internet ini dipegang enam negara, yakni Hongaria, India, Latvia, Moldova, Romania, dan Ukraina. Di sana, dengan duit Rp280ribu warganya bisa mendapat kecepatan hingga 1Gbps. Wow! Jutaan orang mungkin baru menyadari sekarang.

Sumber: picodi.com

BACA JUGA: Berbagai Manfaat Palapa Ring untuk UKM

Seberapa cepat 1Gbps itu? Untuk mengunduh file 1GB, hanya perlu waktu 8 detik! Hmm... kalau buat download lagu di stafaband.info bisa dapat berapa album ya?

1Gbps saat ini adalah kecepatan internet tertinggi di dunia. Hanya 44 negara yang menyediakannya, dan di 24 negara harga bulanannya melebihi USD50 (Rp700 ribu).

Harga tertingginya ada di Austria (USD220 atau Rp3 juta), dan Australia (USD231 atau Rp3,2 juta). Lalu yang termurah dimiliki Romania (USD9 atau Rp126 ribu).

Berniat pindah ke Romania, ghaes?

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih100%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
6 Taman Nasional di Indonesia Sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO Sebelummnya

6 Taman Nasional di Indonesia Sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO

Pawai Hadrat di Kaimana, Tradisi Rayakan Idulfitri Tanpa Sekat Selanjutnya

Pawai Hadrat di Kaimana, Tradisi Rayakan Idulfitri Tanpa Sekat

Aditya Jaya Iswara
@adityajoyo

Aditya Jaya Iswara

2 Komentar

  • Tresno

    maaf Filipina termahal dan terburuk untuk Asia Tenggara.

  • sugiarto

    baru tau afrika selatan harga internet termahal di dunia. oya.. itu harga berdasarkan infrastuktur intenet fiber optik pastinya yah bukan pakai internet wifi ? hehe.. mana bisa 100 mb pakai wifi. trimakasih infonya

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.