Rute Udara Intra-Papua Kini Hadir di Indonesia

Rute Udara Intra-Papua Kini Hadir di Indonesia
info gambar utama
  • Rute intra-Papua via udara pertama hadir di Indonesia.
  • Rute ini menghubungkan Nabire dan Manokwari PP.
  • Wings Air adalah maskapai yang mengoperasikan rute ini.

29 Desember 2019 lalu, rute intra-Papua via udara pertama di Indonesia telah hadir. Maskapai penerbangan Wings Air yang mengoperasikan rute ini, dan sudah memulai layanan perdananya secara terjadwal.

Rute yang tersedia adalah Nabire ke Manokwari, dengan frekuensi jadwal tiga kali seminggu di hari Selasa, Kamis, dan Minggu. Jadwal ini tersedia untuk pergi-pulang (PP).

BACA JUGA: Fitur-fitur Super Canggih Akan Hadir di Terminal 4 Soetta

Rute pertama membawa 72 tamu atau penumpang (full seat) serta empat kru. Dimulai dari Bandara Douw Aturure Nabire, Papua (NBX) pada 12.50 WIT (Waktu Indonesia Timur, GMT+ 9), Wings Air menggunakan nomor penerbangan IW-1557 dan mendarat di Bandar Udara Rendani, Manokwari, Papua Barat (MKW) pukul 14.00 WIT.

Di hari yang sama, Wings Air melayani penerbangan dari Manokwari bernomor IW-1556 pukul 14.20 dan telah tiba sesuai jadwal pada 15.30 WIT di Nabire.

Waktu tempuh perjalanan udara ini kurang lebih 60 menit dengan mengoperasikan pesawat ATR 72-500 atau 600. Pesawat ini berkapasitas 72 kursi kelas ekonomi bertata letak 2-2.

BACA JUGA: Drone Tempur Buatan Anak Bangsa yang Siap Mengudara

Adanya rute Nabire-Manokwari PP ini meningkatkan konektivitas penerbangan lanjutan yang sudah ada. Dari Bandara Rendani, dapat melanjutkan ke Kaimana, Fak-Fak, Sorong, Jakarta, Makassar. Sedangkan dari Manokwari terhubung tujuan Jayapura, Timika, Ambon dan Sorong dari Bandar Udara Douw Aturure.

Dalam siaran persnya, Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro, mengungkapkan tidak menutup kemungkinan frekuensi penerbangan akan ditambah, jika permintaan meningkat di kedua rute.**

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini