UGM Peringkat 3 Universitas Terbaik di Asia Tenggara

UGM Peringkat 3 Universitas Terbaik di Asia Tenggara
info gambar utama

Lembaga pemeringkatan perguruan tinggi 4ICU University Rankings baru saja merilis data teranyar peringkat universitas-universitas di seluruh dunia.

Dalam peringkat terbarunya, lembaga yang berbasis di Australia tersebut menempatkan Universitas Gadjah Mada (UGM) pada posisi ke-3 se-Asia Tenggara, di bawah National University of Singapore (NUS) yang menduduki puncak ranking, dan Nanyang Technological University (NTU) yang berada pada peringkat kedua.

Kedua kampus asal Singapura tersebut memang sudah menjadi langganan universitas top di Asia Tenggara.

Universitas Gadjah Mada sendiri secara global menempati posisi ke-180 dunia dan ke-18 Asia. Peringkat tersebut menempatkan universitas yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta ini sebagai universitas terbaik di Indonesia.

Sementara itu, universitas asal Indonesia lainnya yang berhasil menduduki peringkat top 10 di Asia Tenggara adalah Universitas Indonesia (UI) yang menduduki posisi ke-4, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) di posisi ke-5, dan Universitas Diponegoro (UNDIP) pada posisi ke-10.

Berikut data lengkap peringkat 10 Perguruan Tinggi di Indonesia berdasarkan 4ICU University Rankings yang dirilis pada 4 Februari 2020:

1. Universitas Gadjah Mada (3 Asia Tenggara, 18 Asia, dan 180 Dunia)

2. Universitas Indonesia (4 Asia Tenggara, 24 Asia, dan 209 Dunia)

3. Universitas Pendidikan Indonesia (5 Asia Tenggara, 29 Asia, dan 267 Dunia)

4. Universitas Diponegoro (10 Asia Tenggara, 59 Asia, dan 411 Dunia)

5. Universitas Brawijaya (11 Asia Tenggara, 66 Asia, dan 438 Dunia)

6. Universitas Negeri Yogyakarta (13 Asia Tenggara, 72 Asia, dan 458 Dunia)

7. Universitas Lampung (17 Asia Tenggara, 90 Asia, dan 510 Dunia)

8. Universitas Airlangga (19 Asia Tenggara, 98 Asia, dan 540 Dunia)

9. Institut Pertanian Bogor (20 Asia Tenggara, 107 Asia, dan 567 Dunia)

10. Universitas Negeri Semarang (22 Asia Tenggara, 120 Asia, dan 606 Dunia)

4ICU University Rankings sendiri mendasarkan pemeringkatannya pada web metrics dan kepopuleran masing-masing universitas di dunia maya melalui 5 sumber web intelijen, yakni Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, SimilarWeb Global Rank, Majestic Referring Domains, dan Majestic Trust Flow.

4ICU University Ranking merilis data peringkat universitas-universitas di seluruh dunia setiap dua kali dalam setahun, biasanya pada bulan Januari/Februari dan Juni/Juli.

Referensi: 4icu.org

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini