Cerita Perjalanan Nasi Goreng, Dari Tionghoa berlabuh ke Nusantara Hingga Mendunia

Cerita Perjalanan Nasi Goreng, Dari Tionghoa berlabuh ke Nusantara Hingga Mendunia
info gambar utama

Siapa sih yang nggak tau kuliner satu ini, Kawan GNFI semua pasti tahu kan nasi goreng. Kuliner yang dijual abang-abang pakai gerobak sambil berkeliling ketika malam hari. Kuliner yang satu ini memang sudah sangat terkenal dan memiliki penggemarnya sendiri. Tapi Kawan GNFI tahu nggak kira-kira darimana asal nasi goreng ini?

Proses pembuatan nasi goreng | Foto: ksmtour.com
info gambar

Di tempat asalnya di kota Yangzhou, Provinsi Jiangsu Timur nasi goreng dikenal dengan nama hanzi. Dan nasi goreng atau hanzi ini telah dikenal dan tercatat di era Dinasti Sui sekitar 589-618 M. Nasi goreng di tempat asalnya adalah hidangan yang serbaguna yang terbuat dari gabungan nasi, bawang, kecap, kadang-kadang telur, dan bahan lainya (sisa atau segar) menurut Gloria Bley Miller dalam The Thousand Recipe Chinese Cook Book.

Hanzi atau nasi goreng ini pada permulaanya lahir dari kebiasaan orang Tionghoa yang tidak suka dengan makanan dingin tetapi tidak boleh membuang makanan sisa. Akhirnya makanan atau nasi sisa semalam tersebut pada keesokanya digoreng dalam sebuah kuali dengan tambahan berbagai bumbu.

Dan pada abad ke-10 di kawasan kerajaan Sriwijaya para pedagang dari Tionghoa mulai mengenalkan dan membuat nasi goreng yang bumbunya telah disesuaikan dengan cita rasa lokal. Kemudian seiring berjalanya waktu hanzi ini menyebar ke daerah-daerah di Nusantara lainya dan kenal dengan nasi goreng.

Penyebaran tersebut membuat variasi dari nasi goreng semakin banyak dengan berbagai perpaduan dari racikan pendukungnya. Seperti sea food, petai, daging ayam, daging kambing, atau ikan asin.

Ilustrasi variasi menu dari nasi goreng | Foto: wikimedia.org
info gambar

Dan sekarang ini nasi goreng telah menjadi salah satu makanan nasional Indonesia. Sebagai makanan nasional, nasi goreng telah memiliki banyak penggemar tidak hanya di dalam negeri tetapi juga luar negeri. Bahkan sampai Barack Obama, presiden Amerika serikat saat berkunjung ke Indonesia pada tahun 2011 lalu, nasi goreng adalah menu yang dipesanya.

Survey CNN pada tahun 2017 yang melibatkan 35.000 voter melalui media sosial Facebook, memperlihatkan bahwa nasi goreng adalah makanan terenak kedua di dunia setelah rendang. Dan pada voting tersebut CNN juga merilis sebanyak 50 daftar makanan terenak di dunia yang peringkat teratasnya ditempati rendang dan nasi goreng mengalahkan 48 lainya.

Sumber: historia.id | tribunnews.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini