Selain Jadi Tuan Rumah MotoGP 2021, Pesona Lombok Memang Menawan

Selain Jadi Tuan Rumah MotoGP 2021, Pesona Lombok Memang Menawan

Mandalika Project © Invest Island

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Indonesia tengah menjadi sorotan dunia karena terpilih menjadi tuan rumah MotoGP 2021. Acara kejuaraan balap motor bergengsi berskala internasional ini akan diadakan di Kawasan Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Bahkan kabarnya, ajang balap mobil Formula One World (F1) pada 2024, akan digelar di tempat yang sama.

Mandalika yang ditetapkan menjadi kawasan ekonomi khusus (KEK), tengah serius dikembangkan oleh pemerintah menjadi destinasi wisata internasional. Pergerakan pembangunan dalam memajukan pariwisata di Lombok pun terus dilakukan, terutama dalam meningkatkan aksesibilitas.

Hotel-hotel berbintang juga sedang dibangun di kawasan tersebut. Hal itu tentunya membuat para investor mulai melirik perkembangan yang ada, karena ditaksir pasar real estate akan segera melambung.

Di sisi lain, Pulau Lombok menyimpan banyak pesona wisata indah nan menarik. Banyaknya tempat wisata yang belum tersentuh membuat daerah ini dijuluki sebagai “Bali yang masih alami”. Berikut adalah 5 destinasi wisata di Lombok yang sayang untuk Kawan GNFI lewatkan.

Taman Narmada

Wisata kota Taman Narmada | Foto: alisei-net/tripadvisor.com

Lombok Replika spiritual Gunung Rinjani di Taman Narmada memiliki luas sekitar 2 hektar, dibangun pada tahun 1927 oleh Raja Mataram Lombok, anak Agung Ngurah Karang Asem, sebagai tempat upacara Pakelem yang diselenggarakan pada bulan purnama kelima tahun Caka.

Hingga saat ini, wisata kota Taman Narmada Lombok menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara, terutama pada akhir pekan. Selain keindahan tamannya, Kawan GNFI juga berkesempatan untuk berwisata sejarah di tempat ini.

Pantai Bangko-Bangko

Desert point | Foto: pixabay.com

Banko-Bangko (desert point), berjarak sekitar 70 kilometer dari pusat kota Mataram, semenanjung Sekotong, Barat Daya Lombok. Bagi para peselancar, tempat ini adalah surga rahasia, karena pantainya yang indah, dan lokasinya cukup terpencil sehingga sulit untuk diakses.

Desert point dengan ombaknya yang menggulung sepanjang 300 meter, dan tinggi mencapai 3 meter, membuat para penantang aksi gelombang bisa bermanuver sepuasnya di air. Menurut salah satu majalah selancar dunia, Bangko-Bangko adalah salah satu spot surfing terbaik sejagat.

Pantai Pink

Girlie dan Pinkie, Pantai Pink | Foto: tripzilla.id

Pantai Pink berlokasi di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, berjarak 85,7 kilometer dari ibu kota provinsi, atau sekitar 2 jam 14 menit jika menggunakan kendaraan roda empat.

Pantai Pink merupakan pantai dengan pasir putih yang berwarna kemerah-merahan. Warna pink dihasilkan dari hewan berukuran mikroskopis bernama Foraminifera yang kemudian memberikan pigmen merah pada koral.

Ada beberapa alasan wisatawan memilih Pantai Pink sebagai tempat wisata bahari di pulau Lombok. Bukan hanya pasirnya yang berwarna pink, tapi juga karena pemandangan alam dan keindahan bawah lautnya sangat menawan.

Teluk Belongas

Uji nyali diving bersama hiu di Teluk Belongas | Foto: superadventure.id

Pantai di Teluk Belongas sangat panjang dengan bentuk melengkung, dan mempunyai pasir putih yang indah. Keindahan bawah lautnya tidak perlu diragukan lagi, karena pantai ini masih sangat alami.

Meski sarana untuk menuju ke teluk ini belum memadai, akan tetapi tempat ini menawarkan pengalaman luar biasa berupa sensasi menyelam bersama hiu di magnet point, sebuah titik penyelaman dilepas pantai Belongas.

Gili-Gili, Sekotong

Pristine white sandy beach @Sekotong Lombok | Foto: tiarahana.com

Sekotong adalah kawasan wisata di Kabupaten Lombok Barat dengan memiliki 12 pulau kecil yang disebut Gili. Gili merupakan pulau potensial yang menjadi salah satu destinasi terbaik di dunia.

Pantainya yang indah dikelilingi hamparan pasir putih berkilauan, gelombang laut yang lembut dengan air lautnya yang bersih nan jernih sangat berpadu kontras. Di tempat ini pula, banyak kapal Yacht yang berlabuh sekadar ingin menikmati panorama alam pantai Sekotong.

Bahkan pernah lho kawan GNFI, kawasan Sekotong ini menjadi tempat diselenggarakannya kegiatan pemilihan Putri Indonesia Nusa Tenggara Barat (NTB), tepatnya di hotel Wyndham Sundancer Resort Lombok.

Itulah sedikit dari banyaknya wisata mempesona yang ada di Lombok. Tentu masih banyak tempat yang belum terjamah, dan pantas untuk melengkapi itinerary saat berlibur. Berminat untuk ke Lombok?*

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Hari Buku Anak Internasional, Ini Rekomendasi Buku Anak Karya Penulis Tanah Air Sebelummnya

Hari Buku Anak Internasional, Ini Rekomendasi Buku Anak Karya Penulis Tanah Air

Guru Besar UGM Sebut Pandemi Covid-19 Jadi Momentum Berhenti Merokok Selanjutnya

Guru Besar UGM Sebut Pandemi Covid-19 Jadi Momentum Berhenti Merokok

Saiful Kameli
@saifulkameli

Saiful Kameli

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.