Mengenal Banyak Keunggulan Teknologi Nirkabel

Mengenal Banyak Keunggulan Teknologi Nirkabel
info gambar utama

Kawan GNFI, industri teknologi tak pernah sepi menghadirkan inovasi-inovasi baru yang siap memberikan berbagai kemudahan untuk para penggunanya.

Salah satu inovasi yang saat ini terus berkembang secara dinamis adalah perangkat teknologi nirkabel (wireless).

Jika pada tahun-tahun sebelumnya teknologi nirkabel hanya dikenal melalui beberapa perangkat saja, seperti mikrofon dan tetikus (mouse), kini teknologi tersebut hadir dalam lebih banyak perangkat. Sebut saja smart TV,vacuum cleaner, speaker, hingga charger untuk gawai/ponsel.

Bahkan beberapa produsen, merancang semuanya sebagai sebuah kesatuan ekosistem yang dapat terhubung antara satu dengan lainnya.

Seperti dituliskan Bakti Kominfo, di AS tak kurang dari 600 perangkat pengisian ulang daya nirkabel sudah terpasang di semua gerai salah satu restoran cepat saji yang ada di sana.

Di negara lain, seperti Inggris, terdapat satu kedai kopi yang juga sudah memasang 200 charging station nirkabel di setiap cabangnya.

Fakta-fakta tadi membuktikan bahwa teknologi nirkabel bukan semata hanya tren saja, melainkan sudah menjadi kebutuhan.

Pendek kata, perangkat nirkabel nantinya bakal menjadi salah satu produk umum seiring bertumbuhnya pengguna perangkat digital.

Berikut empat keunggulan teknologi nirkabel, yang membuatnya lebih menarik untuk menjadi pilihan pengguna.

Meningkatkan Produktivitas Pengguna

Pemanfaatan teknologi nirkabel sebagai perangkat, tentunya mendukung penggunanya agar dapat dengan leluasa lebih produktif dalam beraktivitas, terutama bagi pengguna dengan mobilitas keseharian tinggi.

Dengan menggunakan smart TV dan ponsel yang mendukung fitur screen mirroring misalnya, pengguna dapat melakukan meeting tele-konferensi dengan lebih produktif.

Sedangkan untuk pengguna yang sering bepergian, teknologi nirkabel seperti speaker dan earphone juga akan mendukung kebutuhan komunikasi dan hiburan yang cukup efisien.

Menghadirkan Ekosistem

Kombinasi teknologi nirkabel dan Internet of Things (IoT) tentunya menarik untuk menciptakan ekosistem yang nyaman, khususnya di dalam rumah.

Misalnya, pengguna dapat mengoperasikan smart home appliancesberbasis IoT dan wireless seperti pada robot vacuum. Melalui kontrol dari ponsel, tentunya mereka tak perlu beranjak dari sofa sambal menikmati layanan hiburan pada smart TV.

Meningkatkan Fungsi dan Estetika Ruang

Bagi pengguna yang memiliki keterbatasan ruang atau menyukai gaya hidup modern dan minimalis, teknologi nirkabel dapat menjadi pilihan untuk memaksimalkan fungsi ruang serta estetikanya.

Pengguna tak perlu lagi memiliki banyak konektor listrik dan kabel yang berseliseran di dalam kamar maupun rumah.

Selain itu, penempatan perangkat pun dapat semakin disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya meletakkan wireless speaker di tempat yang paling nyaman untuk kita menikmati hiburan, meski jauh dari konektor listrik.

Smart home
info gambar

Menyediakan Kebutuhan Tren Teknologi

Boleh jadi, saat ini teknologi pun menjadi bagian tak terpisahkan dari gaya hidup. Ponsel contohnya.

Tak jarang pula perangkat wearable teknologi menjadi sebuah simbol status penggunanya. Misalnya, bandingkan saja pengguna ponsel dengan teknologi teranyar dan pengguna ponsel berteknologi lawas, pastinya cara pandang orang yang melihatnya akan berbeda.

Selain merupakan pengembangan teknologi terbarukan, teknologi nirkabel juga memberikan kesan trendy pada penggunanya. Boleh jadi, karena desainnya futuristik dan penggunaan yang efisien tanpa kabel.

Kawan boleh coba membandingkan ketika mendengarkan musik sambil berolahraga dengan earphone nirkabel atau mengisi daya ponsel menggunakan charger nirkabel. Akan ada keleluasaan dan kepraktisan yang terasa.

Inovasi Satu Dasawarsa

Berbicara tentang perusahaan teknologi yang terus menerus mengedepankan ekosistem berbagai perangkat cerdas dengan basis IoT, tentu kita tak bisa melepas nama Xiaomi, sebuah perusahaan yang memiliki basis teknologi cukup kuat yang menginvestasikan riset dan pengembangannya di Indonesia dengan membangun pabrik di Batam, Kepri.

Dengan pengguna perangkat digital di Indonesia yang terus bertumbuh besar, Xiaomi percaya bahwa ekosistem teknologi nirkabel ini akan menjadi bagian kemudahan dalam melakukan aktivitas keseharian.

Mi robot vacuum mop
info gambar

Untuk memeringati 10 tahun berinovasi secara global, Xiaomi belum lama ini meluncurkan tiga produk nirkabel anyar untuk konsumen Indonesia, yakni;

  • Mi True Wireless Earphones 2,
  • Mi Wireless Powerbank Essential 10.000 mAh, dan
  • Mi Robot Vacuum-Mop.

Selain itu, jelang Idulfitri lalu Xiaomi juga telah meluncurkan ponsel flagship Mi 10 yang mendukung pengisian daya ulang nirkabel hingga 30 watt, yang mampu mengisi penuh baterai ponsel hanya dalam kurun 65 menit.

Melalui berbagai teknologi nirkabel tersebut, Xiaomi berharap lebih banyak masyarakat Indonesia yang dapat merasakan gaya hidup dengan cara lebih cerdas.

“Kami percaya teknologi wireless akan semakin menjadi tren di berbagai negara, salah satunya Indonesia. Dan Xiaomi akan terus mendukung terciptanya ekosistem wireless melalui berbagai perangkat yang inovatif dan dengan harga sebenarnya,” terang Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse, dalam siaran pers perusahaan, Kamis (4/6/2020).

Baca juga:

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Mustafa Iman lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Mustafa Iman.

Terima kasih telah membaca sampai di sini