Tim Mobil Listrik Arjuna UGM Raih 4 Penghargaan di Kompetisi Rancang Mobil Listrik Formula Internasional

Tim Mobil Listrik Arjuna UGM Raih 4 Penghargaan di Kompetisi Rancang Mobil Listrik Formula Internasional
info gambar utama

Tim Mobil Listrik Arjuna UGM (Universitas Gajah Mada) berhasil meraih predikat 2nd Best Overall Event dalam kompetisi internasional 4th Annual Formula Student Electric Vehicle (FSEV) Concept Challenge 2020 yang diselenggarakan secara daring di bawah nama Formula Bharat, India.

Ini merupakan kali pertama Tim Arjuna UGM mengikuti kompetisi tersebut dan berhasil memboyong berbagai prestasi yang membanggakan pada pengalaman pertamanya.

Di tengah pandemi yang sedang terjadi, tidak menghambat semangat Tim Arjuna UGM untuk terus berinovasi dan mengembangkan riset mengenai mobil listrik yang telah dirintis sejak tahun 2012.

Pencapaian Tim Arjuna UGM membuktikan bahwa tim ini berpegang teguh pada komitmennya sebagai tim yang tiap tahunnya aktif untuk terus belajar, dan mengasah kemampuan dalam pengembangan teknologi mobil listrik.

Pencapaian ini juga turut membuktikan kepada dunia internasional bahwa generasi penerus Indonesia telah siap dalam menghadapi teknologi mobil listrik yang ramah lingkungan di masa mendatang.

Kompetisi Formula Student Electric Vehicle (FSEV) Concept Challenge 2020 merupakan kompetisi yang diselenggarakan oleh Curiosum Tech Private Limited di bawah nama Formula Bharat India yang bertujuan untuk mendorong tim mobil mahasiswa, agar beralih kepada pengembangan riset teknologi mobil listrik.

Tahun ini merupakan tahun keempat diselenggarakannya kompetisi tersebut, dan karena pandemi Covid-19 mengharuskan pelaksanaannya menjadi secara daring. Kompetisi ini terdiri dari 6 kategori, yaitu FMEA Report, Procurement Strategy Report, Team Management Report, DSS Report, Presentation Delivery, dan Q&A Session yang berlangsung mulai dari 26 Juni 2020 hingga malam puncak penghargaan pada 22 Juli 2020 lalu.

Untuk kategori report, berkas laporan diunggah tiap kategori pada laman resmi FSEV Bharat. Untuk kategori Presentation Delivery, tim diminta membuat video presentasi berdurasi 15 menit mengenai Electric Package Design and Thermal Management. Dan terakhir, untuk kategori lomba Q&A Session yang merupakan tahap final dan paling krusial, tim juri akan meninjau ulang hasil laporan yang telah dikumpulkan. Tahun ini, kompetisi FSEV Concept Challenge diikuti oleh 37 tim yang berasal dari USA, India, dan Indonesia.

Penghargaan yang diraih Tim Arjuna
info gambar

Adapun penghargaan yang berhasil diraih Tim Arjuna UGM diantaranya 2nd Place Best Team Management Strategy, Notable Mention for EV Design Overall Choice, dan Notable Mention Kaizen Guru. Ditambah dengan pencapaian di beberapa kategori seperti 2nd Place Battery Design, 3rd Place Powertrain Design, 4th Place Procurement Report, 4th Place Design Specification Sheet, 4th Place Presentation Delivery, 7th Place Q&A Session, 12th Place FMEA Report, membawa Tim Arjuna sebagai 2nd Place Best Overall Event dengan total skor 315,2.

Pencapaian yang berhasil diraih oleh Tim Arjuna UGM tak lepas dari kerja keras dan dedikasi tim untuk terus berkomitmen melakukan pengembangan, dan inovasi untuk riset mobil listrik.

Christhoper Tangguh Bayu, selaku ketua tim lomba, menyatakan bahwa tujuan awal dari tim Arjuna UGM untuk mengikuti kompetisi ini adalah sebagai ajang untuk mengasah kemampuan tim dan sekaligus mencari pengalaman baru sehingga bisa memperoleh banyak ilmu mengenai teknologi mobil listrik, keuangan, dan manajerial team yang baik.

“Sejak awal tujuan kami adalah untuk belajar dan mencari pengalaman, mendapatkan pencapaian ini adalah suatu bonus dari hasil belajar kami, selebihnya kami bisa mendapat ilmu dan pengalaman yang berharga dan bermanfaat untuk riset Tim Arjuna kedepannya,” ujar Bayu.

Semula Tim Arjuna UGM merupakan tim mobil listrik yang tiap tahunnya aktif mengikuti kompetisi internasional Formula Society Automotive Engineer (FSAE) Japan yang diselenggarakan di Shizouka Prefecture, Jepang.

Namun, karena wabah pandemi Covid-19 berujung pada pembatalan pelaksanaan lomba tersebut. Tim Arjuna UGM lantas tidak membuang kesempatan untuk terus mengembangkan inovasinya di tengah pandemi ini, dan memutuskan untuk mengikuti kompetisi daring pertamanya pada FSEV Concept Challenge 2020.

“Sesuai dengan visi kami yaitu menjadi salah satu tim Formula Student terbaik di Asia, kami terus berusaha dengan berinovasi serta membuktikan hasil riset mobil listrik kami di setiap perlombaan. Berkat hasil positif dari lomba ini, membuat kami semakin memantapkan diri untuk mempersiapkan perlombaan utama kami di FSAE Japan 2021,” ujar Farhan Iqbal selaku Ketua Tim Arjuna UGM generasi 8.

Ke depannya, tim berkomitmen untuk terus melakukan evaluasi dan juga perbaikan pada pengembangan mobil listrik melalui ilmu yang telah didapatkan. Harapannya Tim Arjuna UGM dapat semakin membanggakan nama Indonesia sebagai tim mahasiswa yang berprestasi dalam kancah internasional, sekaligus pembuktian bahwa generasi muda Indonesia telah siap dalam menghadapi teknologi mobil listrik yang ramah lingkungan.*

Referensi : Kompas.com | mediaindonesia.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini